Lemon Hutan Gunung Raung, Dipercaya Bisa Memperpanjang Umur

Lemon si Langgeng yang berasal dari hutan lereng gunung Raung, Banyuwangi. (FOTO : Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Lemon lokal yang berasal dari hutan di lereng Gunung Raung, Banyuwangi, dipercaya para banyak orang mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Selain bisa menyembuhkan penyakit, juga dipercaya bisa memperpanjang umur yang mengonsumsinya.

Adalah Langgeng Sarwo Edi, pemuda asal Desa Jambewangi yang telah menanam dan membudidayakan tanaman lemon gunung ini.  Kepada TIMES Indonesia, dirinya mengaku sudah 2 tahun lebih menanam lemon tersebut.

Nama lemon si Langgeng sendiri diambil dari namanya, Langgeng, pengambilan nama tersebut disesuaikan dengan khasiat dari lemon tersebut, yakni membuat pengonsumsinya agar langgeng atau panjang umur.

"Pohonnya saya tanam di hutan di lereng Gunung Raung, tepatnya di kampung Seling, perkampungan paling ujung desa Jambewangi," katanya, Selasa (26/3/2019).

Untuk mencapai kebun lemonnya, Langgeng harus menggunakan motor yang sudah dipreteli, karena kondisi jalan yang berbatu terjal mengharuskan menggunakan motor khusus. Kurang lebih membutuhkan 1 jam perjalanan untuk mencapai kampung Seling.

Tidak berhenti di situ saha, perjalanan Langgeng harus dilanjutkan lagi 20 menit dengan berjalan kaki untuk masuk kehutan. Melewati belantara hutan pinus, menyeberangi sungai untuk mencapai titik lahan tanaman buah lemonnya tersebut.

Sebelum menanam lemon, dirinya sempat menanam cabai besar, dia beralih menanam lemon karena untuk investasi jangka panjang. Hingga saat ini, langgeng telah menanam sekitar 2 ribu pohon lemon di area tersebut.

"Harganya tidak semahal lemon impor, namun soal khasiat, insyaallah bisa ini bagus, soalnya organik, tanpa obat kimia," kata Langgeng.

Menurutnya, selain dijual di pasar, banyak pembeli dari luar daerah yang memesan lemonnya, baik langsung menemuinya ataupun memesan secara online.

Selain buah Lemon hutan yang kini sudah mulai banyak digandrungi oleh banyak konsumen, Langgeng juga menjual buah alpukat dan durian yang ditanam di hutan lereng Gunung Raung kabupaten Banyuwangi. (*)