Evaluasi Pemilu 2019, DPD Undang Kapolri Sampai Panglima TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – DPD mengevaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 serentak, dengan mengundang Kapolri, Panglima TNI, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dan sejumlah perwakilan Kemendagri dan Kemenkumham.

Ketua DPD, Oesman Sapta mengatakan, evaluasi diharapkan bisa dilakukan secara komprehensif tanpa saling menyalahkan.

"Saya berharap, hasil evaluasi ini jadi salah satu bahan masukan pelaksanaan Pemilu di tahun-tahun mendatang," kata Oso, sapaan akrabnya, di komplek parlemen, Jakarta, Selasa 7 Mei 2019.

Oso menilai, Pemilu kali ini bisa diselesaikan dengan aman. Meskipun, masih ditemukan kendala dan masalah.

"Dinamika politik yang berkembang sebelum dan pascapolitik yang terjadi harus kita maknai sebagai suatu yang wajar dan hendaknya tak mengganggu stabilitas politik, ekonomi, dan keamanan dalam negeri," jelas Oesman.

Kemudian, ia mengimbau, agar semua pihak bersabar dan menahan diri sambil menunggu pengumuman resmi rekapitulasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Oso meminta, semuanya juga menghormati instrumen hukum yang ada.

"Mengharapkan pemerintah dan lainnya mengambil pelajaran berharga dari pelaksanaan pileg dan Pilpres 2019," kata Oesman.

Meski agenda evaluasi Pemilu 2019, namun tak ada perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang diundang DPD. (asp)