Jokowi dan Keluarga Borong Batik di Pasar Beringharjo

Presiden Jokowi dan keluarga mengunjungi Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Sabtu 8 Juni 2019.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Presiden Jokowi dan keluarga mengunjungi Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Sabtu 8 Juni 2019. Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda dan cucunya Jan Ethes yang hampir tak pernah ketinggalan.

Di Pasar Beringharjo, Jokowi mendatangi area Los 5. Di area ini berisikan para pedagang pakaian batik. Jokowi dan keluarga menyempatkan diri berbelanja batik. Presiden Jokowi sempat memilihkan baju batik untuk Jan Ethes. Jokowi terlihat mengukur badan Jan Ethes agar baju batik yang dia pilih pas untuk cucu pertamanya itu.

Salah seorang pedagang batik di Los 5 Pasar Beringharjo, Keni (29) mengatakan jika Jokowi sempat membeli dua stel baju piyama batik berukuran anak di kiosnya. Saat membeli piyama batik, kata Keni, Jokowi tak menawar harga.

"Pak Jokowi tadi ke sini. Beli baju piyama anak dua stel, satu stel baju piyama untuk anak laki-laki dan satu stel baju piyama untuk perempuan. Dua stel harganya Rp50 ribu dan dibayar Pak Jokowi Rp100 ribu tanpa menawar. Uang kembaliannya untuk saya," ujar Keni.

Sementara menurut Nirwalawati, pedagang batik di Los 5 Pasar Beringharjo, kiosnya sempat didatangi oleh Iriana Jokowi dan menantunya, Selvi Ananda. Di kios milik Nirwalawati, Iriana Jokowi sempat membeli satu buah daster batik.

"Tadi mantunya (Selvi) dan Bu Iriana ke sini. Beli daster batik 1 (potong). Yang milihin mantunya tadi. Harga daster yang dibeli tadi Rp35 ribu dan dibayar pakai uang Rp50 ribu. Terus setelah membayar tadi uang kembaliannya tidak diambil," kata Nirmalawati.

Iriana Jokowi dan Selvi sempat mampir di kios milik Yuli (32). Di kios batik Yuli ini, Iriana Jokowi dan Selvi sempat membeli beberapa pakaian batik untuk anak.

"Tadi Bu Iriana sama mantunya (Selvi) beli 6 potong pakaian anak. Terdiri dari 3 dress anak-anak, 2 hem batik anak-anak dan 1 stel kaus batik. Untuk harganya tadi, 6 potong pakaian itu harganya Rp200 ribu, karena 3 potong pakaian harganya Rp100 ribu. Tadi pas beli juga tidak menawar dan langsung dibayar," kata Yuli.

Usai membeli baju batik, Jokowi dan keluarga meninggalkan Pasar Beringharjo. Saat meninggalkan Pasar Beringharjo, Jokowi sempat melayani ajakan warga untuk berswafoto.