Terima Pansel KPK, Jokowi Minta Nama Capim Punya Kredibilitas Tinggi

Presiden Jokowi menerima pansel capim KPK di Istana Merdeka Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/ Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menerima panitia seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) KPK, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 2 September 2019. Pansel yang dipimpin Yenti Garnasih itu hadir dalam formasi lengkap, sedangkan Kepala Negara didampingi Mensesneg Pratikno.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pansel yang telah bekerja. Dari awal menyaring, hingga tes terakhir yakni wawancara dan uji publik.

Jokowi memahami, banyak suara-suara di luar yang kontra terhadap hasil seleksi pansel ini. Jokowi mengaku itu harus dilakukan, dalam mengkoreksi kerja pansel.

"Saya memahami sekarang era keterbukaan. Saya juga minta agar masukan-masukan baik dari masyarakat, dari tokoh-tokoh yang telah memberi masukan, sehingga bisa diberi catatan-catatan dalam rangka mengoreksi apa yang telah dikerjakan oleh pansel," kata Jokowi.

Sejauh ini, sejumlah elemen dari koalisi masyarakat sipil, terus mendesak agar Jokowi mengintervensi hasil seleksi pansel yang mereka ragukan.

Bahkan termasuk dari ormas seperti NU dan Muhammadiyah, ikut andil dalam mengoreksi kerja pansel tersebut.

Jokowi juga meminta, nama-nama yang diseleksi pansel adalah benar-benar yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

"Kita harapkan, kita juga kan tak harus tergesa-gesa, yang paling penting menurut saya, apa yang nanti saya sampaikan ke DPR itu betul-betul nama-nama yang memang layak untuk dipilih," ujarnya. (ren)