Polisi Sebut Cuitan Denny Siregar soal Batu di Ambulans Fakta

Akun Twitter Denny Siregar
Sumber :
  • Twitter @DennySiregar7

VIVA – Cuitan Denny Siregar di akun Twitter @dennysiregar7 tentang “ambulans bawa batu” ramai dibahas warganet di Twitter karena unggahannya lebih dahulu muncul dibandingkan di akun Twitter TMC Polda Metro Jaya. Tak lama kemudian diketahui TMC mem-posting hal serupa. Hal ini dipertanyakan oleh publik.

Lalu bagaimana tanggapan polisi akan hal ini? Mengapa akun itu bisa lebih cepat mengunggah tudingan yang ternyata salah dan anehnya kemudian diikuti oleh akun TMC tersebut?

Terkait hal ini Polda Metro Jaya menyebut cuitan Denny adalah sebuah fakta. Memang kata polisi ada batu, tapi ternyata diselundupkan tiga warga sipil asal Jakarta yang pura-pura sakit dan minta pertolongan sehingga bukan sengaja dibawa mobil ambulans.

"Faktanya ada batu di dalam mobil ambulans," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat 27 September 2019.

Terkait apakah polisi akan mengusut cuitan Denny, Argo mengatakan hal tersebut adalah kewenangan penyidik. Jika dirasa perlu maka akan dilakukan pengusutan.

"Penyidik yang akan dalami," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, polisi menahan lima unit mobil ambulans diduga milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di dekat Gardu Tol Pejompongan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 26 September 2019.

Mobil sempat disita dan dibawa ke Mapolda Metro Jaya. Polisi juga mendapati sopir yang membawanya lalu dia diperiksa intensif.

Namun Polda Metro Jaya akhirnya mengklarifikasi soal dugaan mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta itu membawa batu dan botol berisi bensin. Diakui ada kekeliruan atas klaim itu.

Argo Yuwono mengatakan, semua berawal dari video viral menyebut ditemukan batu yang menunjukkan gambar mobil ambulans. Dari situlah muncul dugaan mobil ambulans sengaja membawa batu dan botol bensin untuk massa. Padahal kenyataannya tidak demikian.

Polisi akhirnya memeriksa mereka dan diketahui bahwa batu dan botol bensin berasal dari massa yang pura-pura minta pertolongan ke ambulans.

"Jadi intinya bahwa yang viral di media sosial itu memang ada anggota Brimob yang sudah melakukan pengamanan kemudian dia dilempari batu oleh perusuh dan kemudian perusuh itu pun membawa alat-alat ini, ada batu. Dia itu mencari perlindungan dengan masuk ke mobil PMI," kata Argo.