Tangis Keluarga Pecah Menanti Kepulangan Jenazah Brigpol Hendra

Masdelina, ibu kandung Hendra Saut Sibarani.
Sumber :
  • Bambang Irawan/VIVAnews.

VIVA – Suasana haru begitu kental di kediaman orang tua Brigpol Hendra Saut Sibarani di Pekanbaru, Riau, Kamis 19 Desember 2019 siang. Keluarga masih menunggu kedatangan jenazah Hendra yang rencananya akan datang hari ini.

Sejumlah kerabat, masyarakat dan rekan-rekan Hendra di Kepolisian terus berdatangan silih berganti. Suara tangis pecah di tengah kerumunan para pelayat.

Masdelina, ibu kandung Hendra, tak kuasa menahan tangis atas kepergian putra kesayangan untuk selamanya. Apalagi, Hendra sangat dikenal sebagai sosok anak yang kuat, mandiri dan penyayang terhadap keluarganya.

"Anakku pahlawan," ujar Masdelina.

Ia mengaku bahwa pertama kali mendapatkan kabar duka setelah menerima kedatangan utusan dari Brimob Polda Riau. Bukan dari media sosial facebook sebagaimana yang beredar di kalangan publik.

"Ada Brimob datang menyampaikan kabar tentang putra saya. Kemudian mereka menyusun kursi dan tenda," jawab Masdelina.

Awalnya ia sempat tidak percaya namun ternyata semua itu benar-benar terjadi.  Gugurnya Hendra Saut Sibarani menjadi duka mendalam di tengah keluarga.

Demikian pula Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Daerah Riau, Komisaris Besar Polisi, Sunarto yang datang siang itu. Kepergian Hendra adalah duka bagi keluarga Polri. 

"Kita harapkan keluarga diberikan kesabaran terkait musibah yang terjadi. Kita juga kehilangan," ujar Sunarto.

Hendra adalah satu di antara ratusan anggota Brimob Polda Riau yang menjalankan tugas keamanan setelah kerusuhan di Papua. Hendra gugur dalam peristiwa kerusuhan yang terjadi di Yahukimo, Papua, 18 Desember 2019 siang.

Kepala Kepolisian  Daerah Riau, Inspektur Jenderal Polisi, Agung Setya Imam Effendi mengatakan, Hendra diusulkan untuk mendapatkan kenaikan pangkat. 

Kabar terakhir disebutkan, jenazahnya diperkirakan akan tiba melalui Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, Jumat 20 Desember 2019, sekitar pukul 07.35 WIB. Pemakaman jenazah akan dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Khusuma.