Daftar Wisata Unik yang Wajib Dikunjungi Saat ke Pekanbaru

Wisata di Pekanbaru
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Pekanbaru juga menjadi salah satu kota yang menawarkan keindahan alam untuk para traveller. Tak kalah dengan destinasi lainnya di pulau Sumatera.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Pekanbaru yang dikenal dengan perkebunan kelapa sawitnya ini memiliki wisata alam hingga wisata buatan yang memesona. Berikut ini daftar destinasi di Pekanbaru yang unik dan wajib dikunjungi seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Rainbow Hills Rumbai

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Rainbow Hills Rumbai menjadi destinasi yang cukup populer belakangan ini. Destinasi ini bisa mengingatkan para traveller akan Rainbow Mountain Vinicunca yang ada di Peru.

Berlokasi di Danau Kayangan, Rainbow Hills Rumbai ini menawarkan pemandangan indah berupa lembah dan bukit kecil dalam nuansa warna coklat tua, orange, kuning, hingga merah jambu. Perpaduan warna yang unik tersebut membuat bukit-bukitnya terlihat seperti pelangi dari kejauhan.

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

2. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam ini merupakan sebuah perbukitan yang terbentuk dari tanah merah, tinggi dan menjulang menyerupai tebing. Warna kemerah-merahannya ini berpadu dengan putih,dan warna krem yang dapat memanjakan mata.

Bukit Kapur Air Hitam menawarkan sela-sela yang bisa dimasuki oleh banyak orang. Dari sela tersebut, pengunjung dapat berbelok, dan menemukan jalan tersendiri untuk menyusuri Bukit Kapur. Tidak hanya dijadikan lokasi berlibur saja, destinasi ini juga sering dijadikan spot untuk foto prewedding.

3. Danau Lembah Sari

Salah satu kawasan wisata alam yang ada di Pekanbaru adalah Kawasan Danau Buatan Rumbai. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan irigasi yang berubah menjadi danau kecil yang disebut Danau Buatan.

Sekarang danau buatan ini telah menjadi Danau Bandar Khayangan Lembah Sari atau Danau Khayangan. Danau Buatan ini memiliki luas area sekitar 14 hektar dengan kondisi pemandangan alam yang masih asri di sepanjang kawasan danau. Selain dapat menikmati suasana air yang tenang, pengunjung juga dapat duduk bersantai di sebuah panggung terbuka.

4. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding terletak di Tanjung Belit Kabupaten Kampar memiliki keindahan alam yangtidak dimiliki oleh kabupaten lain. Air terjun ini letaknya sedikit tersembunyi dan akses menuju kesana hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Desa Tanjung Belit memiliki alam yang eksotis.

Di desa ini terdapat Air Terjun Batu Dinding yang tersembunyi. Pemandangan Air Terjun Batu Dinding sangat indah karena di sini kita bisa melihat pemandangan seperti kebun karet, kebun sawit dan hutan yang hijau. Air Terjun Batu Dinding bisa memanjakan wisatawan yang datang kesini dengan airnya yang dingin dan segar namun wisatawan diharapkan agar selalu berhati-hati karena kedalamannya sekitar empat meter.

5. Pulau Beting Aceh

Jika Yogyakarta memiliki Pasir Berbisik di Gumuk Pasir Parangkusumo, maka di Riau juga ada. Tepatnya di Pulau Beting Aceh, Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Pasir di sana berderit seolah membisikan sesuatu. Pulau Beting Aceh ini merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Posisinya berada di hamparan Selat Malaka. Pulau nan cantik ini kerap dikunjungi terutama ketika libur akhir pekan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya