Yuk Jalan-jalan di Kebun Teh Medini! Ada Air Terjun, Bukit Hingga Backgroud Gunung Ungaran

Kebun Teh Medini, Kendal, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

KENDAL – Kebun teh menjadi destinasi wisata yang sangat disuka dan banyak pengunjungnya. Sebut saja perkebunan teh kawasan Puncak Bogor yang didatangi ribuan pengunjung setiap weekend dan hari libur.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Nah, bagi kalian warga Kota Semarang yang ingin ke kebun teh tak perlu jauh-jauh ke Puncak. Karena di dekat ibukota Jawa Tengah ini, ada area perkebunan teh yang sangat indah dan berhawa segar. Namanya, Kebun Teh Medini. Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

Secara geografis, kebun teh Medini berada di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Tapi lebih gampang diakses lewat Kota Semarang karena jalannnya lebih lebar.

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Dari pusat kota Semarang, hanya butuh satu jam perjalanan saja untuk sampai ke sini. Rutenya melewati jalur Semarang Ngaliyan-Boja. Nanti sesampai di Terminal Cangkiran, arahkan kendaraan menuju kawasan wisata alam Gonoharjo. Lalu dilanjutkan menuju perkebunan teh Medini. Meski mobil bisa sampai ke lokasi, tapi lebih fleksibel naik motor karena jalan menjelang sampai kebun agak kurang lebar.

3 Korban Luka Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah Masih Dirawat di RSI Kendal, Begini Kondisinya

Kebun teh ini berada di lereng Gunung Ungaran sisi utara. Dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, sudah pasti udaranya segar bahkan cenderung dingin.

Luas kebun teh Medini lebih dari 300 hektare. Awalnya dibuka oleh perusahaan Hindia Belanda pada masa itu. Setelah dinasionalisasi oleh pemerintah RI, maka kini dikelola oleh perusahaan dalam negeri.

Masuk ke kawasan perkebunan tarifnya sangat murah, hanya Rp10 ribu per orang. Setelah parkir, wisatawan bisa langsung jalan-jalan ke kebun teh yang membentang luas. Panorama di kebun teh Medini sangatlah eksotis. Tanaman teh tertata rapi bagai permadani hijau yang luas.

Di tepian kebun ada perbukitan yang pada latar belakangnya berdiri Gunung Ungaran. Jika datang pagi atau sore, kabut tebal menjadi pemandangan yang indah dan menghadirkan suasana romantis.

Perkebunan ini sering dipakai untuk kegiatan wisata Tea Walk atau jalan kaki menyusuri perkebunan teh oleh rombongan keluarga maupun rombongan kantor. Jalur trekingnya naik turun tapi tidak terlalu terjal, sehingga cocok untuk semua kalangan. Ada juga jalur setapak yang terhubung ke sebuah air terjun.

Setelah jalan-jalan di kebun teh, wisatawan bisa melanjutkan kegiatan dengan santap kuliner di kedai-kedai sekitar kebun teh. Banyak menu yang bisa dinikmati. Tapi yang pasti, menyeruput teh hangat di area kebun teh akan menjadi kegiatan kuliner paling mengasyikkan.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya