Asyiknya Touring ke Curug Sewu, Lihat Air Terjun Tertinggi dan Terbesar

Curug Sewu, Kendal, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

KENDAL – Curug Sewu menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kendal, Jawa Tengah. Dengan tinggi total 80 meter dan lebar 30 meter, membuat air terjun ini diklaim menjadi yang tertinggi dan terbesar di Jawa Tengah.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Pesona Curug Sewu juga karena air terjunnya yang bertingkat, dengan air terjun paling atas setinggi 45 meter, air terjun tengah 15 meter dan air terjun paling bawah 20 meter. Sehingga totalnya 80 meter. Yuk, scroll untuk tahu info lengkapnya.

Tak hanya itu, panorama sekitar Curug Sewu juga memukau karena terdapat lembah yang luas di bawah air terjun. Pada pagi atau sore, lembah Pegunungan Kelir itu sering melintas kabut yang membuat suasana begitu indah.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Banyak cara untuk menuju ke Curug Sewu. Bisa naik mobil maupun naik sepeda motor. Bisa lewat jalur Weleri Kendal, maupun via jalur Ngaliyan-Boja Semarang. Yang pasti, dua jalur sudah beraspal mulus.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Bagi yang naik sepeda motor, jalur Ngaliyan-Boja Semarang jadi pilihan asyik sekaligus menantang. Karena jalannya berkelok melewati area perkebunan karet dan cengkeh yang luas.

Rutenya, dari Kota Semarang ambil jalur menuju ke UIN Ngaliyan. Nanti belok kiri masuk jalur Ngaliyan-Boja. Setelah masuk Kecamatan Boja Kendal, lurus ke barat melewati Pasar Boja dan masuk wilayah Kecamatan Singorojo Kendal.

Mulai dari sini, jalan banyak berkelok dan menanjak melintasi hutan karet. Kemudian masuk wilayah Kecamatan Patean Kendal yang didominasi suasana pedesaan dan perkebunan cengkeh. Sangat asyik buat touring dengan sepeda motor.

Lepas dari perkebunan cengkeh sudah masuk ke Desa Curug Sewu. Nanti terlihat gerbang ke obyek wisata dan langsung saja parkir ke tempat yang tersedia.

Sebelum ke air terjun, ada baiknya istirahat dulu di gazebo wisata atau ke kedai-kedai kuliner sekitar lokasi. Salah satu kuliner di Curug Sewu adalah nasi brongkos dan oleh-oleh jambu biji merah.

Nah, untuk menuju ke air terjun, ada jalur menurun lewat tangga beton. Selama jalan kaki ke bawah, air terjun sudah kelihatan di samping kiri. Suara deburan air sangat kencang. Begitu juga hempasannya yang menebarkan titik-titik air seperti gerimis.

Perjalanan menuruni tangga sampai di sebuah cerukan yang rindang. Dari sinilah air terjun Curug Sewu ini terlihat utuh dengan pesonanya yang mengagumkan.

Dianjurkan, pengunjung melihat dari sini saja. Tapi beberapa wisatawan terutama anak muda, suka mendekat hingga berjarak belasan meter dari air terjun. Dari rambu-rambu yang terpasang, dilarang keras untuk mandi di bawah air terjun.

"Bagus, dan ini kebetulan kan musim hujan ya di awal Januari 2024, jadi air terjunnya benar-benar besar karena airnya banyak. Beda kalau pas kemarau yang tak selebar ini," cerita Liana yang datang ke Curug Sewu bareng kawan-kawan di kampus.

Untuk info tiket, harganya sangat terjangkau. Per wisatawan dikenai tarif masuk sekitar Rp17.200 sudah termasuk ke air terjun, dan bonbin mini taman wisata Curug Sewu.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya