Geger Temuan Bukti Pembakaran Besar-besaran Kota Suci 3 Agama

Para petugas memadamkan kobaran api saat bentrokan antara pasukan keamanan Israel dan warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur.
Sumber :
  • ANTARA/Xinhua/Muammar Awad/aa.

Yerusalem – Yerusalem yang merupakan kota suci tiga agama belum lama ini jadi perbincangan hangat, bukan hanya karena diperebutan Palestina dan Israel, tetapi juga penemuan yang mengejutan dari tim arkeolog.

Garap Areal Kuburan, Sejumlah Alat Tambang Emas Ilegal Dibakar Massa

Dilansir dari BBC, Selasa, 9 Januari 2024, menyebutkan bahwa Arkeolog telah menemukan bukti baru tentang Bangsa Babilonia, yang telah mengepung dan pembakaran kota Yerusalem sekitar tahun 586 SM, bersama desa dan kota terdekat di perbatasan barat.

Peneliti meneliti jamban kuno di Yerusalem.

Photo :
  • Israel Antiquities Authority
Terpopuler: Pembakar Alquran Dikabarkan Tewas, Wanita Mualaf Meninggal hingga Pakistan Geser RI

Para Arkeolog berhasil menemukan balok kayu yang terbakar pada 586 SM di tiga tempat tinggal yang digali yag sudah ada antara 1978 dan 1982. Tidak hanya itu, mereka juga berhasil menemukan abu dan balok kayu pada tahun yang sama ketika menggali beberapa bangunan di Tempat Parkir Giv'ati, yang diasumsikan sebagai Kuil Salomo.

Sampel yang diambil dari lantai plester menunjukkan suhu tinggi hingga 600 Celcius. Sayangnya bukti-bukti tersebut tidak dapat menentukan kebakaran dilakukan secara sengaja atau tidak. Seorang penulis dari Universitas Tel Aviv, Nitsan Shalom bersama rekan-rekannya berfokus pada Gedung 100 berlantai dua di Parkir Giv'ati.

TNI Ungkap Motif Oknum Prajurit Aniaya Anggota KKB Definus Kogoya

Untuk mengukur penyerapan inframerah, mereka menggunakan Spektroskopi Fourier Transform Infraret (FTIR). Pengukuran ini untuk mengetahui sejauh mana sampel telah dipanaskan, dan apakah sampel mengandung mineral magnetik yang dipanaskan secara memadai untuk mengubah senyawa itu ke arah utara magnetik yang baru.

"Daripada menghancurkan semuanya tanpa pandang bulu, mereka lebih baik menargetkan bangunan yang lebih penting dan terkenal di kota itu," ujar Shalom kepada New Scientist.

Shalom bersama rekan-rekannya menyimpulkan bahwa temuan di dalam ruangan mengindikasikan adanya bahan-bahan yang mudah terbakar, sehingga tidak perlu tambahan bahan bakar.

Keberadaan sisa-sisa yang hangus menunjukan adanya penghancuran yang disengaja oleh api. Penyebaran api dan keruntuhan bangunan yang cepat menunjukan bahwa para perusak sengaja menghancurkan seluruh bangunan, hingga tidak dapat digunakan.

Melansir Arstechnica, catatan peristiwa penghancuran Kuil Salomo ditulis dalam Kitab Ibrani. Shalom, mengatakan Kronik Babilonia sejak bertahun-tahun belum dilestarikan. Temuan para arkeolog serta gambaran tragedi kota Yerusalem tidak terlepas dari sejarah yang dituliskan Alkitab.

Kota tersebut telah mengalami kehancuran hebat, dengan kondisi kota terbakar dan benar-benar kosong yang tampak memprihatinkan. Yehuda merupakan kerajaan bawahan Babilonia pada akhir abad ke-7 SM, di masa pemerintahan Nebukadnezar II. Raja Yehuda, Yoyakim, melakukan pemberontakan terhadap Raja Babel pada 601 SM.

Museum Armeni di Yerusalem

Photo :
  • Wikimedia

Upaya pemberontakan tersebut telah diperingatkan oleh Nabi Yeremia. Yoyakim telah berhenti membayar upeti yang diwajibkan untuk berpihak pada Mesir. Dia meninggal dan putranya, Yekhonya, menggantikan posisinya ketika pasukan Nebukadnezar mengepung Israel pada 597 SM.

Yekhonya menyerah ketika kota Yerusalem dijarah dan merasa kesulitan. Dia pun dideportasi ke Babel bersama dengan sebagian penduduk Yehuda, dengan jumlah mencapai 10 ribu orang.

Ketika paman Yekhonya, Zedekia menjadi raja Yehuda, dia merasa tidak nyaman di bawah kekuasaan Babel pada saat adanya pemberontakan dan penolakan untuk membayar upeti yang diwajibkan, serta mencari persekutuan dengan Fi'rau Mesir, Hofra.

Bangsa Babilonia kembali meraih kemenangan akibat pengepungan yang dilakukan pasukan Nebukadnezar selama 30 bulan terhadap Yehuda dan Yerusalem. Zedekia menyaksikan kejadian semua putranya dibunuh dan ada yang dibutakan, diikat, dan dibawa ke Babel.

Dia menjadi sosok yang kurang berbelas kasih, dan memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan dan merobohkan tembok Yerusalem pada 586 SM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya