10 Kota Eropa Paling Menarik untuk Traveling di Tahun 2024

Kota Zurich, Swiss
Sumber :
  • Pixabay

EROPA – Sekitar 90 persen penduduk UE menyatakan puas dengan kehidupan mereka di kota mereka, menurut Laporan Kualitas Hidup di Kota-Kota Eropa 2023 UE.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Dengan masing-masing dua kota, Swiss dan Jerman mendominasi daftar sepuluh besar mengenai kepuasan masyarakat terhadap kehidupan di kota mereka, SchengenVisaInfo.com melaporkan.

Negara Swiss

Photo :
  • pixabay
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Meskipun kepuasan di kota-kota Uni Eropa mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019, laporan tersebut menggarisbawahi bahwa tingkat kepuasan tersebut masih tetap tinggi, dengan sembilan dari sepuluh orang merasa puas.

Namun, ketika ditanya tentang perubahan kualitas hidup selama lima tahun terakhir, mayoritas responden di seluruh kota sampel, termasuk di UE, menyatakan bahwa perubahan tersebut tidak berubah.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Lebih khusus lagi, 31 persen penduduk menyatakan bahwa kualitas hidup telah meningkat, 40 persen menyatakan tidak ada perubahan, dan sekitar 29 persen menyatakan mengalami penurunan.

Laporan tersebut antara lain menguraikan bahwa kota-kota kecil dianggap sebagai tempat yang lebih baik untuk ditinggali dalam banyak aspek, termasuk keselamatan, ketersediaan ruang publik, layanan kesehatan, keterjangkauan perumahan, dan administrasi publik setempat.

Selain itu, kota-kota kecil dianggap sebagai tempat tinggal yang lebih baik bagi para lansia, keluarga dengan anak kecil, dan migran.

Pegunungan di Jenewa, Swiss

Photo :
  • Pixabay

Berdasarkan laporan ini, sepuluh kota teratas yang memiliki jumlah penduduk puas dengan kota tempat tinggalnya tertinggi adalah sebagai berikut:

1. Zurich, Swiss (97 persen)
2. Kopenhagen, Denmark (96 persen)
3. Groningen, Belanda (96 persen)
4. Gdansk, Polandia (95 persen)
5. Leipzig, Jerman (95 persen)
6. Stockholm, Swedia (95 persen)
7. Jenewa, Swiss (95 persen)
8. Rostock, Denmark (94 persen)
9. Cluj-Napoca, Rumania (94 persen)
10. Braga, Portugal (94 persen)

Di antara kota-kota tersebut, Groningen, Braga, dan Gdansk termasuk di antara sepuluh kota teratas yang juga dianggap sebagai kota terbaik untuk ditinggali bagi para imigran.

Kota-kota lain yang dianggap sebagai tempat tinggal terbaik bagi para imigran termasuk Cardiff (Inggris), Lisbon (Portugal), Barcelona (Spanyol), Tyneside (Inggris), Hamburg (Jerman), Helsinki (Finlandia) dan Glasgow (Inggris).

Sedangkan kota-kota yang mendapat skor terendah mengenai kepuasan masyarakat terhadap kehidupan di kotanya adalah Palermo (Italia), Athena (Yunani), Istanbul (Türkiye), Tirana (Albania), Naples (Italia), Beograd (Serbia ), Roma (Italia), Skopje (Makedonia Utara), Miskolc (Hongaria) dan Podgorica (Montenegro).

Laporan ini mencakup 83 kota di UE, negara-negara Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA), Inggris, Balkan Barat, dan Türkiye. Ini berisi data dari 71.153 wawancara, dan sampel setidaknya 839 warga yang diwawancarai di setiap kota, antara bulan Januari dan April tahun ini.

Laporan sebelumnya, yang diterbitkan pada tahun 2020, juga menunjukkan bahwa sembilan dari sepuluh orang di Eropa merasa bahagia dengan kehidupan kota mereka dan penduduk juga merasa lebih aman di kota-kota kecil pada saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya