5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

perahu wisata waduk Cacaban, Kabupaten Tegal
Sumber :
  • Antara/ Oky Lukmansyah

VIVA Lifestyle  – Biaya hidup merupakan biaya yang dibutuhkan setiap orang untuk menjalani kehidupan sehari-hari seperti makan, transportasi, tempat tinggal, dan lainnya. Biaya hidup tentunya berbeda-beda di setiap kota, tergantung pada pendapatan dan jumlah penduduk, ada yang murah dan ada yang mahal.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Dalam hal biaya hidup, Kota Jakarta menduduki posisi pertama sebagai kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia dengan Rp14,88 juta per bulan, menurut hasil survei BPS yang dilakukan pada tahun 2022.

Wisata Patung Maria Bunda Segala Bangsa di Maumere

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Kota tersibuk di Indonesia adalah Jakarta. Kota ini merupakan pusat bisnis, ekonomi, dan pekerjaan sehingga karena populasi yang padat dan ketersediaan barang, jasa, dan tempat tinggal yang terbatas, maka harga akan naik karena banyaknya permintaan.

Meskipun Jakarta memiliki biaya hidup tertinggi, namun terdapat lima kota lain di Indonesia yang masih memiliki biaya hidup terendah, seperti yang dilansir dari Goodstats Jumat, 26 April 2024 : 

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

1. Cilacap, Jawa Tengah

Cilacap adalah kota di selatan Jawa Tengah yang bergantung pada pertanian dan perikanan. Dengan biaya hidup per bulan Rp5,37 juta, Cilacap didapuk menjadi kota termurah di Indonesia.

Biaya hidup di Cilacap tidak terlalu tinggi karena padatnya populasi dan urbanisasi karena ukuran kota yang kecil, tetapi karena biaya hidup yang murah, Cilacap dapat menjadi pilihan tempat tinggal yang baik karena harganya yang terjangkau.

2. Maumere, NTT

Kota kecil Maumere adalah bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur di timur Pulau Flores. Maumere memiliki pantai pasir putih, air jernih, dan pemandangan bawah laut yang indah.

Biaya hidup di Maumere masih terbilang tergolong murah dengan Rp5,52 juta per bulan.

3. SIbolga, Sumatera Utara

Kota pelabuhan Sibolga terletak di pesisir barat Sumatera Utara. Kota ini memiliki keindahan alam yang mempesona dengan pantai-pantai yang indah dan hamparan lautan yang luas.

Sibolga memiliki ukuran kota kecil, pertanian lokal, perikanan lokal, dan memiliki ketersediaan sumber daya alam, sehingga membuat biaya di kota ini tergolong murah. Biaya hidup di kota Sibolga mencapai Rp5,68 juta per bulannya. Angka tersbut terbilang murah untuk biaya hidup dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

4. Kudus, Jawa Tengah

Kota Kudus merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki sejarah dan kekayaan budaya, terutama sebagai pusat industri rokok tradisional di Indonesia.

Kudus memiliki industri rokok sehingga industri ini memberikan kontribusi busar terhadap perekonomian di kota ini. Kudus memiliki biaya hidup termurah di yaitu mencapai Rp5,71 juta per bulannya.

5. Tegal, Jawa Tengah

Tegal adalah kota perkapalan dan perdagangan di bagian utara Jawa Tengah. Kota Tegal ini memiliki banyak budaya dan makanan yang berbeda. Sebagai kota pelabuhan dengan banyak bisnis perkapalan dan perdagangan, industri ini masih memberikan kontribusi yang signifikan meskipun dulu tidak sebesar itu.

Tegal merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah yaitu mencapai Rp5,86 juta per bulannya. Angka ini sangat terjangkau untuk menjalankan hidup mulai dari makan, transportasi dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya