Geger Telur Ayam Berumur 1.700 Tahun Ditemukan, Berisi Hal Seram Ini

Telur Ayam Kuno
Sumber :
  • Istimewa

London – Sebuah tim arkeolog di Inggris telah menemukan sejumlah telur ayam yang masih utuh, termasuk yang memiliki kuning dan putih telur, yang diperkirakan berusia sekitar 1.700 tahun, selama proses penggalian di Aylesbury, Buckinghamshire, antara tahun 2007 dan 2016.

5 Potret Dua Lipa Pancarkan Kekuatan Bintang dalam Lacy Ensemble di Time 100 Gala

Dilansir dari Interisting Engineering, Senin, 19 Februari 2024, smenyebutakan bahwa saat melakukan penggalian, arkeolog berhasil memecahkan tiga telur lainnya yang mengeluarkan bau yang sangat kuat, tetapi satu telur tetap utuh.

Pertanyaannya, mengapa sejumlah telur tersebut masih bisa tetap utuh setelah berabad-abad berlalu? Menurut laporan dari theguardian, para ahli dari Oxford Archaeology meyakini bahwa lubang tempat telur-telur tersebut ditemukan yang terendam air telah berfungsi sebagai agen pengawet.

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Telur Ayam Kuno

Photo :
  • Istimewa

Melalui pemindaian mikro, para ahli menemukan bahwa telur-telur tersebut masih memiliki kuning dan putih telur yang utuh, dan diyakini sebagai satu-satunya telur utuh dari periode Romawi tersebut.

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

“Kami benar-benar tercengang ketika melihat isinya di sana, karena kita mungkin mengharapkan mereka telah merembes keluar,” kata Edward Biddulph, manajer proyek senior di Oxford Archaeology yang mengawasi penggalian tersebut.

Pekerjaan terbaru dilakukan oleh konservator Dana Goodburn-Brown, yang membawa telur untuk analisis lebih lanjut di University of Kent.

“Ia menghasilkan gambar yang luar biasa yang menunjukkan bahwa telur, selain utuh juga masih mempertahankan cairannya di dalamnya, diduga berasal dari kuning telur, albumen, dll,” terang Biddulph.

Telur juga telah dibawa ke Museum Sejarah Alam London, di mana Douglas Russell, kurator senior koleksi burung, telur, dan sarang museum berkonsultasi tentang cara melestarikan telur dan mengeluarkan isinya.

Telur Ayam Kuno

Photo :
  • Istimewa

“Seperti yang kami temukan ketika kami mengunjungi Museum Sejarah Alam, telur itu tampaknya menjadi contoh tertua yang diketahui di dunia,” kata Biddulph.

Telur tersebut sekarang disimpan dalam Museum Discover Bucks di Aylesbury, sementara pekerjaan terus dilakukan untuk menemukan cara mengekstrak bagian dalam tanpa memecahkan cangkang yang rapuh.

“Ada potensi besar untuk penelitian ilmiah lebih lanjut dan ini adalah tahap berikutnya dalam kehidupan telur yang luar biasa ini,” kata Biddulph lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya