Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Makam Orang Kaya Kuno Ini Ada di Tempayan
Sumber :
  • Istimewa

BULGARIA – Belum lama ini sebuah penemuan arkeologi yang mengejutkan telah mengungkapkan kisah keluarga yang menyentuh dari zaman Romawi kuno di Bulgaria.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Tengah Pembicaraan Gencatan Senjata Israel

Seorang petani secara tidak sengaja menemukan dua kuburan keluarga kaya di daerah Nova Varbovka, Bulgaria utara, mengawali kisah yang menyedihkan ini.

Dilansir dari Live Science, Jumat, 1 Maret 2024, Menurut penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog dari Museum Sejarah Regional Veliko Tarnovo, kuburan tersebut mengungkapkan kisah tentang pemilik tanah kaya Romawi yang mengalami tragedi keluarga yang mendalam.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Makam Orang Kaya Kuno Ini Ada di Tempayan

Photo :
  • Istimewa

Anak mereka meninggal sebelum kedua orang tua mereka pada abad ketiga Masehi.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

"Kuburan tersebut kemungkinan besar menceritakan kisah keluarga yang menyedihkan," kata para ahli.

Peristiwa ini bermula pada bulan Desember 2023, ketika seorang petani tanpa sengaja menemukan kuburan tersebut saat membajak ladangnya.

Berlokasi di daerah yang dulunya merupakan provinsi Romawi Moesia, kuburan ini menarik perhatian arkeolog untuk melakukan penggalian lebih lanjut guna mengungkap misteri di baliknya.

Kuburan besar tersebut, terbuat dari batu bata dengan dinding dilapisi plester dan ditutupi oleh lempengan batu kapur besar, mengungkapkan sisa-sisa dua orang dewasa – seorang pria dan seorang wanita – yang diduga berusia antara 45 hingga 60 tahun saat meninggal.

Mereka dikuburkan dengan perhiasan, koin, serta bejana keramik dan kaca. Ada juga sebuah kalung berwarna biru dan emas ditemukan di salah satu makam. Temuan ini memberikan gambaran yang dalam tentang kekayaan dan status sosial keluarga tersebut pada masa itu.

Tak jauh dari kuburan besar itu, terdapat kuburan yang lebih kecil yang berisi kerangka seorang anak berusia 2 hingga 3 tahun. Kuburan ini diduga dibuat lebih awal dan ditemukan memiliki medali perunggu langka yang menggambarkan kunjungan kaisar Romawi Caracalla pada tahun 214 M.

Makam Orang Kaya Kuno Ini Ada di Tempayan

Photo :
  • Istimewa

Medali ini memberikan petunjuk tentang kedekatan keluarga dengan pemerintahan Romawi pada masa itu.

Para ahli berencana untuk melakukan lebih banyak penelitian untuk mencari tahu lebih lanjut tentang keluarga ini dan di mana mereka tinggal.

Salah satu artefak menarik yang ditemukan selama penggalian adalah bejana keramik kecil yang disebut "lacrimaria", yang merupakan botol penampung air mata pelayat.

Menurut Kalin Chakarov, seorang arkeolog di Museum Sejarah Regional Veliko Tarnovo mengatakan makam Ini adalah kisah keluarga yang menyedihkan dari paruh pertama abad ke-3.

Seorang bayi meninggal, dikuburkan oleh orang tuanya, yang tempat peristirahatannya terakhir di tempat yang sama dengan tempat mereka menguburkan anaknya.

Ivan Tsarov, direktur Museum Sejarah Regional Veliko Tarnovo, menambahkan, "Penemuan makam semacam itu bukanlah hal yang mengejutkan di Bulgaria, karena iklim dan tanah sangat baik untuk menanam tanaman pertanian."

Saat ini, artefak yang ditemukan masih dalam proses konservasi dan restorasi di laboratorium museum. Diharapkan penemuan ini akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang kehidupan dan kebiasaan masyarakat Romawi kuno, serta membuka jendela bagi penelitian arkeologi di Bulgaria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya