TNI Ungkap Motif Oknum Prajurit Aniaya Anggota KKB Definus Kogoya

Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar
Sumber :
  • Dok Puspen TNI

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini memang tengah mengusut tuntas oknum prajurit yang diduga melakukan penganiayaan terhadap Definus Kogoya anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan bahwa dugaan penganiayaan tersebut dilakukan oknum prajurit kepada Definus Kogoya karena dia mengaku sebagai anggota KKB. Bahkan, tragisnya anggota KKB itu mengaku sudah pernah melakukan penyerangan.

"Kekerasan itu terjadi memang setelah dia ditangkap. Definus Kogoya ini adalah anggota KKB, dan dia mengakui sudah melakukan penembakan sebelumnya," ujar Gumilar kepada wartawan sebagaimana dikutip pada Selasa, 26 Maret 2024.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Photo :
  • Puspen TNI

Anggota KKB itu, katanya, juga mengaku hendak melakukan pembakaran puskesmas. Maka itu, diduga ketika oknum anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya tengah menginterograsi Definus terpancing emosi.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

"Terus juga ada rencana pembakaran, pengadangan. Nah, di situlah anggota kami, anak muda, mungkin timbul emosinya, kurang lebih seperti itu, ya," kata dia.

Dugaan penganiayaan tersebut dilakukan di Pos Gome, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. TNI telah menyatakan akan menangani dugaan penganiayaan ini secara serius.

Pada waktu yang bersamaan, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen Kristomei Sianturi menjelaskan bahwa dugaannya oknum prajurit melakukan penganiayaan karena Definus punya rencana ingin membakar sebuah puskesmas.  

KKB bakar pasar di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

"Dari permasalahan ini adalah kenapa Definus Kogoya dianiaya atau dilakukan kekerasan kepada dirinya adalah bahwa Definus Kogoya itu tertangkap pasca-patroli aparat keamanan TNI-Polri karena ada informasi dari masyarakat akan ada yang membakar Puskesmas Omukia, Kabupaten Puncak. Kemudian, terjadilah tindakan kekerasan ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya