Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

VIVA Militer: Prajurit Puspenerbal TNI AL gelar latihan terbang malam
Sumber :
  • Dispenal

Sidoarjo – Prajurit Skadron Udara 400 Wing Udara 2 Pusat Penerbang TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar latihan terbang di malam hari dengan menggunakan Helikopter Bell 412 di area latihan sekitar Banjar Kemuning, Sidoarjo, Jawa Timur.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Latihan terbang malam itu dilakukan guna mengasah kemampuan dan naluri tempur agar selalu dalam kondisi siap menjalankan operasi.

Komandan Skuadron Udara (Danskadud) 400 Wing Udara 2, Mayor Laut (P) Pranatha mengatakan, penerbangan di malam hari penting untuk dikuasai, sehingga penerbang TNI AL mampu melaksanakan misi kapan pun saat dibutuhkan.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Lebih jauh lagi, Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 menjelaskan, bahwa latihan yang dilaksanakan dalam beberapa sorti ini juga melibatkan berbagai unsur mulai dari Lanudal, Tim Kesehatan, Tim Suslambangja, dan personel pendukung lainnya.

“Pelibatan unsur-unsur pendukung ini, sebagai bentuk kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam keselamatan terbang dan kerja, karena penerbangan malam hari berbeda dengan penerbangan di siang hari,"  kata Komandan Skadron Udara 400 Wing Udara 2, Mayor (P) Pranata dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Kamis, 25 April 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Dia menambahkan, pelaksanaan latihan terbang malam ini adalah bagian dari peningkatan kualifikasi penerbang sehingga penerbang TNI AL menguasai penerbangan baik siang maupun malam, yang merupakan implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu memfokuskan diri dalam mencapai kekuatan personel dan alutsista yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi, guna mendukung operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024