Curug Jeglong Kendal, Air Terjun Menawan Sumber Airnya dari Lereng Gunung Prau

Curug Jeglong, Kendal, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

KENDAL – Curug Jeglong terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Ini adalah air terjun yang sumber airnya berasal dari hulu sungai lereng Gunung Prau.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Curug atau air terjun ini punya pesona alam yang luar biasa. Tidak heran, Curug Jeglong memang dikelilingi alam yang berbukit-bukit serta hutan alami. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Perjalanan ke Curug Jeglong bisa ditempuh dari Kota Semarang selama 2 jam dengan jarak 60 kilometer. Tapi kalau dari Kendal hanya 40 kilometer dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Rutenya, jika naik mobil bisa lewat jalan tol  dan exit di GT Weleri. Lalu arahkan ke selatan lewat Jalan Weleri-Sukorejo. Nanti ada petunjuk menuju ke Curug Jeglong arah Plantungan.

Perjalanan darat ke Curug Jeglong sangat menarik dan seru, karena melewati jalan berkelok menyusuri bukit. Tapi jangan khawatir karena jalannya cukup bagus. Sesampai di Desa Bendosari, perjalanan dilanjutkan jalan kaki sekitar 15 menit menuju Curug Jeglong.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

"Ini beda dari air terjun biasanya. Karena ada 3 air terjun yang berurutan dari atas sampai bawah. Nah, yang paling terkenal itu yang air terjun tingkat 2 karena di situ ada cerukan batu yang membentuk kolam berwarna biru. Makanya banyak yang posting kolam ini dan viral," kata Jaka Setiawan, pegiat Pokdarwis Desa Bendosari.

Ia menambahkan, di sekitar air terjun dan kolam ada petugas yang standby mengawasi. Dan di situ juga ada rambu untuk tidak berenang di tengah kolam karena kedalamannya mencapai 3 meter.

Setelah bermain di air terjun, wisatawan bisa menikmati keindahan lainnya di sekitar sini. Seperti hutan pinus, camping ground, tempat bermain, serta kedai kuliner dengan menu khas Kendal.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya