Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Suasana Kota Lama saat libur Lebaran 2024.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Jumlah wisatawan di Kota Semarang mencatat angka tertinggi di Jawa Tengah pada masa libur Lebaran 2024

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Mengacu data dari hasil penghitungan random sampling yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Kota Semarang mencapai 350 ribu orang selama masa libur Lebaran 2024.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita mengungkapkan, dari angka tersebut, Kota Lama atau Little Netherlands menduduki peringkat pertama sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya terbanyak di Semarang, tapi juga terbanyak di Jawa Tengah.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

"Kunjungan di Kota Semarang meningkat 350 ribu wisatawan. Sebanyak 200 lebih di antaranya datang ke Kota Lama," ujar Mbak Ita, di sela acara halalbihalal di Halaman Balai Kota Semarang, Selasa, 16 April 2024.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Setelah Kota Lama, posisi kedua ditempati Lawang Sewu Semarang. Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut berdampak pada melonjaknya okupansi hotel di Ibu Kota Jateng. Keterisian hotel tersebut juga di atas rata-rata Jateng.

"Okupansi hotel juga meningkat rata-rata sampai 85 persen sebelum Lebaran, sementara pada 11 April dan 12 April, dan liburan mencapai 95 persen," kata Mbak Ita.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso menambahkan, jumlah wisatawan yang tercatat tersebut hanya di destinasi-destinasi wisata besar.

Menurut Wing, jumlah wisatawan akan makin tinggi bila penghitungan random sampling juga dilakukan secara merata di tempat-tempat wisata yang ada di Kota Semarang.

"Tentunya ini sangat menggembirakan, Alhamdulillah warga Kota Semarang sangat mendukung, minimal sedikitnya pengaduan atau komplain dari wisatawan," katanya.

Secara urutan destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jateng adalah Little Netherlands Kota Lama. Kemudian Masjid Sheikh Zayed Solo, Masjid Agung Demak, disusul Umbul Ponggok Klaten, dan Candi Borobudur Magelang.

"Ini tentunya menjadikan Kota Semarang menjadi makin hebat. Tentu akan kami tingkatkan lagi," katanya.

Di sisi okupansi hotel, dia menjabarkan, Kota Semarang berada di atas rata-rata Jateng. Keterisian hunian itu terlihat sejak Ramadan yang menyentuh angka 64 persen.

Belum lagi, okupansi menjadi luar biasa ketika memasuki libur lebaran H+1, H+2, dan H+3 yang mencapai 95 persen. Kemudian di hari selanjutnya karena sudah musim arus balik, mulai menurun 85 persen.

"Ini juga berdampak pada sektor kuliner, bahkan warung-warung kecil juga tampak luar biasa ramainya karena tingginya kunjungan wisatawan," kata Wing.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya