Viral Video Detik-detik Air Terjun Tumpak Sewu Diterjang Banjir Lahar Gunung Semeru

Air terjun diterjang banjir
Sumber :
  • Instagram

VIVA Trending – Media sosial dihebohkan sebuah video pemandangan mengerikan sebuah air terjun yang diterjang banjir secara tiba-tiba. Dalam sebuah video berdurasi lebih dari satu menit  yang diunggah oleh akun TikTok @berliansyahaa__ tampak dari atas air terjun tiba-tiba datang aliran air keruh berwarna cokelat beserta bongkahan kayu mengalir dengan begitu cepat ke arah bawah.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Padahal, dalam video tersebut awalnya memperlihatkan sebuah keindahan air terjun yang berada di tengah-tengah pepohonan hijau itu mengalir indah dengan air masih jernih turun dari atas tebing. Sayangya, tak butuh waktu lama memberikan suasana indah sekitar air terjun, tiba-tiba mengalir air berwarna cokelat begitu deras yang seketika langsung merusak pemandangan sekitarnya.

Dalam video tersebut, terlihat air berwarna cokelat itu mengalir deras dengan disertai material berupa kayu dan batu yang datang melewati aliran sungai di atas air terjun.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Seperti diketahui, menurut salah satu sumber bahwa hujan deras pada Rabu 31 Januari 2024 itu baru saja menerjang kawasan Gunung Semeru hingga mengakibatkan banjir. Banjir tersebut, salah satunya menuju ke arah wisata air terjun Tumpak Sewu yang lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. 

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Seperti yang terlihat dalam video, banjir air keruh itu pun membawa material vulkanis Gunung Semeru, berupa pasir, ranting, dan batu. Lebih lanjut, sang perekam video tersebut mengingatkan kepada para wisatawan lain yang masih berada di bawah jika ada banjir lahar yang datang dari arah atas air terjun.

Perekam video juga tak lupa mendoakan wisatawan lainnya yang berada di bawah agar bisa selamat. Menurut keterangan sumber, tak ada korban jiwa dari peristiwa alam tersebut.


Reaksi Warganet

Video viral yang baru-baru ini memperlihatkan detik-detik air terjun diterjang banjir lahar pun sukses menuai sorotan warganet di media sosial.

"orang yang biasa main ke sungai harusnya tau, sungai emang tempat berbahaya kalau lagi musim hujan... ketika lagi di sungai A tidak hujan dan airnya tenang, tiba2 dari atas ada kiriman air secepat itu ,dana bakalan bahaya kalau tidak segera minggir, mirip tsunami skala sungai," tulis warganet.

"Ini beritanya udah sampai luar negeri, tadi muncul di atas vidionya," kata lainnya.

"Air bah emang ngeri kalo musim hujan main di curug," timpal lainnya.

"Tempat wisata harus sudah ada keamanan semacam," tambah pengguna lainnya.

"Semoga semakin terjaga prosedurnya ya... Dari pengelola udah bagus sih kalau ada banjir diperingatkan," kata lainnya.

"Udah paling bener kalo di hulu mendung ga usah main ke air terjun ataupun sungai yang yang terlihat besar tapi seperti surut," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya