Update Corona di DIY: 75 Pasien Positif, 30 Sembuh dan 7 Meninggal

Sumber :

VIVA – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merilis data terbaru penanganan pasien virus Corona, Rabu 22 April 2020. Dari data yang dirilis diketahui ada tambahan tiga pasien positif virus Corona di DIY.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih menerangkan adanya tambahan tiga pasien ini membuat total jumlah pasien positif virus Corona di DIY ada 75 orang.

"Penambahan kasus terkonfirmasi laboratorium positif COVID-19 pada hari ini, tanggal 22 April 2020, ada 3 kasus, sehingga jumlah kasus COVID-19 di DIY sebanyak 75 kasus," ujar Berty.

Berty merinci tambahan tiga pasien ini diketahui berasal dari Kabupaten Bantul dan Sleman. Ketiga pasien ini diketahui seluruhnya adalah perempuan.

"Pasien nomor kasus 75 adalah perempuan berumur 13 tahun asal Kabupaten Bantul. Pasien nomor kasus 76 adalah perempuan berumur 39 tahun asal Kabupaten Bantul," ungkap Berty.

Untuk nomor kasus 77 adalah seorang perempuan. Pasien perempuan ini berumur 42 tahun. Pasien diketahui berasal dari Kabupaten Sleman.

Berty menerangkan meski jumlah nomor kasus positif virus Corona di DIY ada 77 namun pasien positif ada 75. Hal ini karena pasien nomor kasus 17 dan 37 data dimasukkan ke Provinsi Jawa Tengah.

"Laporan dari Dinas Kesehatan Bantul keduanya (pasien nomor 75 dan 76) dari hasil tracing kontak erat kasus positif. Yang dari Sleman, di laporan RS tidak ada keterangan dan saat ini sedang dilakukan tracing lebih lanjut oleh Dinas Kesehatan Sleman," ucap Berty.

Berty menambahkan pada Rabu 22 April 2020, jumlah pasien dalan pengawasan (PDP) di DIY ada 713 orang. Dari jumlah itu 75 orang dinyatakan positif virus Corona. Dari 75 pasien positif virus Corona diketahui 30 pasien dinyatakan sembuh dan 7 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Dari angka 713 PDP itu, sebanyak 416 orang dinyatakan negatif dan 222 orang masih menunggu hasil laboratorium. Dari 222 orang yang masih menunggu hasil tes dan 9 di antaranya meninggal dunia.