Menteri Kabinet Jokowi Tak Gelar Open House

Open House Lebaran Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Tradisi open house para menteri yang selalu dilaksanakan pascasalat Idul Fitri, dipastikan tidak akan digelar. Mengingat pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia.

Biasanya, dari Presiden Joko Widodo hingga Wakil Presiden, juga para menteri dan pejabat negara lainnya, akan langsung menggelar open house begitu salat Ied usai. Atau dilaksanakan sehari atau dua hari setelahnya.

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, di kabinet tidak pernah membahas masalah open house. Namun, melihat kondisi sekarang, menurut Mahfud, sudah seharusnya para menteri menyadari kalau budaya itu tidak dilaksanakan di masa pandemi saat ini.

"Saya kira itu sudah menjadi bagian sendirinya, anggota kabinet pasti tahu diri untuk tidak open house. Tidak usah dibicarakan, orang lain saja dilarang masa anggota kabinet mau open house," kata Mahfud, dalam keterangan pers secara virtual usai rapat kabinet terbatas, Selasa 19 Mei 2020.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan, kalau memang ada silaturahim bisa saja terjadi. Namun sangat terbatas, hanya keluarga inti saja. Tidak mengumpulkan massa yang banyak walau itu keluarga.

"Silaturahim sangat dibatasi dengan keluarga inti saja dan itu pun dari tempat yang karena ada di satu wilayah," katanya.