6 Momen Seru Latihan Tempur Komando Pasukan Katak TNI AL

Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Sat Kopaska) TNI AL melakukan penyerbuan saat infiltrasi ke garis depan penyerbuan di Kompleks Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta, Selasa (23/6/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Sekelompok prajurit dengan bersenjata tempur ringan bergerak senyap di bawah air. Target di darat sudah mereka kunci dan siap menembak. 

Tak jauh dari sana, rekan mereka menjaga perimeter tempur untuk mengantisipasi gerakan musuh. Di lokasi yang berbeda, sejumlah tentara pun mendarat di lokasi sasaran  dengan tejun payung free fall. 

Demikian simulasi Latihan Peperangan Laut Khusus oleh para prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Sat Kopaska) TNI Angkatan Laut. Latihan berlangsung di Kompleks Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta, Selasa 23 Juni 2020.

Latihan tempur itu diawasi langsung oleh Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono. Dia didampingi oleh Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Sat Kopaska) Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi.

Menurut Panglima Koarmada I, latihan ini guna meningkatkan profesionalisme prajurit Satkopaska Koarmada I dalam menjaga NKRI."Tentunya kami memiliki tanggungjawab untuk memelihara kemampuan tempur pasukan kami. Komando pasukan katak ini dituntut mempunyai kemampuan spesial, di antaranya kemampuan anti-teror, kemampuan demolisi atau anti-demolisi, pertempuran jarak dekat, kemampuan pertemuan permukaan dengan menggunakan sekoci karet, dan kemampuan sabotase bawah air," ungkap Ahmadi.

Pelatihan khusus ini berlangsung dari 23 Juni hingga 30 Juni 2020 dan diikuti 156 prajurit Kopaska. Mereka menjalani sejumlah program latihan, seperti terjun payung hingga combat diver. Pewarta foto dari kantor berita Antara mengabadikan suasana latihan tempur Kopaska tersebut.

Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Sat Kopaska) TNI AL melakukan penyerbuan saat infiltrasi ke garis depan penyerbuan di Kompleks Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Latihan Peperangan Laut Khusus guna meningkatkan profesionalisme prajurit Satkopaska Koarmada I dalam menjaga NKRI. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Laporan: Bimo Asdani (tvOne, Jakarta)