Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Hujan Turun Sepekan di Konawe, Ribuan Rumah Terendam Banjir

Selasa, 21 Juli 2020 | 12:00 WIB
Oleh :
Foto :
  • BNPB
Tempat pengungsian warga akibat banjir di Konawe, Sultra

VIVA – Hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi yang mengguyur Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara selama satu minggu mengakibatkan meluapnya sungai Konaweha dan sungai Jahambuti pada Rabu, 15 Juli pukul 05.15 Wita. Setidaknya terdapat 50 desa di 16 Kecamatan terdampak banjir akibat meluapnya sungai tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, menurut laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sedikitnya 3.306 KK terdampak banjir dan membuat kurang lebih 4.046 jiwa terpaksa mengungsi.

Baca Juga

“Selain itu, dari sesi kerugian materil, banjir ini menyebabkan sekitar 1.438 rumah dan 11.800 hektar sawah terendam, serta mengancam lahan perkebunan dan perikanan yang terendam gagal panen,” ujar Raditya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 21 Juli 2020.

Baca juga: Ada di Bibir Sungai Masamba, Pesantren Ini Lolos dari Banjir Bandang

Jembatan yang menjadi akses transportasi di Kabupaten Konawe, yakni di Kecamatan Lambuya, Kecamatan Tongauna, dan Kecamatan Latoma terputus akibat terjangan banjir. Sedangkan, terdapat empat jembatan lainnya yang masih terendam banjir.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler