Wapres Ma'ruf soal Vaksin: Ada Perintah, Hadisnya Panjang

Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto/Twitter/Kiyai_MarufAmin)
Sumber :
  • U-Report

VIVA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, vaksin adalah bentuk upaya atau ikhtiar mencegah terjadinya suatu penyakit. Wapres mencontohkan, imunisasi adalah bagian dari berobat.

Berobat menurut Ma’ruf ada dua macam, yakni ada yang kuratif dan ada yang preventif. Jika kuratif dilakukan setelah terjadi penyakit, maka preventif adalah sebelum terjadi.

"Memang ada perintah, hadisnya panjang. Intinya begini 'berobatlah kamu, karena Allah tidak meletakkan penyakit, kecuali ada obatnya'. Jadi setiap penyakit ada obatnya, cuma bisa ditemukan apa belum," kata Ma'ruf secara virtual, Jumat, 16 Oktober 2020.

Baca juga: Wapres Ma’ruf: Agama Lebih Manjur Ciptakan Perdamaian daripada Militer

Mengenai pencegahan penyakit, Ma'ruf menjelaskan ada dalil umum yang terkenal dalam agama Islam. Yakni 'bersiaplah kamu dalam 5 hal sebelum datang 5 hal'.

"Apa saja itu? Bersiap pada masa muda sebelum tua, masa sehatmu sebelum kamu sakit. Ini kan preventif. Ada perintah agama supaya menjaga kesehatan," ujar Ma'ruf.

Saat ini, pemerintah juga tengah menyiapkan vaksinasi. Ma'ruf berharap masyarakat mendukung program ini dengan mengikuti informasi-informasi dari pemerintah.

"Informasi bisa menyesatkan, karena banyak yang disalahpahamkan. Jangan mudah percaya informasi yang belum terkonfirmasi," tutur Ma'ruf. (art)