Langkah Polri Urai Kemacetan saat Libur Panjang Maulid Nabi

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono melepas tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) di Lapangan NTMC Polri pada Senin, 26 Oktober 2020. Pelepasan tim ini dalam rangka operasi zebra pengamanan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis, 28 Oktober 2020.

Menurut dia, operasi zebra sekaligus pengamanan libur panjang ini akan mengedepankan upaya-upaya humanisme serta mengedukasi kesadaran masyarakat dalam berkendara. Karena, operasi zebra saat ini terkait penanganan pencegahan virus COVID-19.

“Konsep operasi yang digelar mengedepankan upaya-upaya edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat. Operasi Zebra dilaksanakan secara simpatik, persuasif, dan humanisme mengingat dalam kondisi pandemi COVID-19," kata Istiono di Kantor NTMC Polri.

Baca juga: Jasa Marga: Hindari Puncak Lalu Lintas saat Libur Panjang Maulid Nabi

Ia mengatakan dalam pengamanan libur panjang ini tentu kerja sama dengan stakeholder terkait seperti Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, dan lainnya agar pengamanan arus lalu lintas libur panjang berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami sudah rekayasa lalu lintas mengantisipasi terjadinya lonjakan arus kendaraan seperti contra flow, pengaturan buka tutup rest area, pengaturan gerbang tol dengan menambah petugas dan pengaturan di kapal penyeberangan,” ujarnya.

Dalam pengamanan libur panjang dan Operasi Zebra, Istiono mengatakan ada 160.916 personel aparat gabungan yang diterjunkan terdiri dari 94.170 personel Polri, 24.448 personel TNI, dan unsur terkait 42.298 personel.

Selain itu, terdapat 645 Pos Keamanan dan Pos Terpadu yang difokuskan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif ataupun tempat penyeberangan ASDP. (ren)