Habib Rizieq Mau Pulang, Polri: Silakan, Kita Tidak Pernah Ngusir

Habib Rizieq Shihab
Sumber :
  • MCH 2019

VIVA – Kabar kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab masih terus mencuat. Kini, ada informasi bahwa Habib Rizieq akan mengumumkan kepulangannya dari Arab Saudi ke Indonesia pada Rabu, 4 November 2020.

Terkait itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono menyampaikan kembali pihaknya mempersilakan Habib Rizieq untuk kembali pulang ke Tanah Air. Sebab, Polri memang tidak pernah mengusir Habib Rizieq untuk pergi dari Indonesia.

“Kalau mau pulang, ya pulang saja. Selama ini kita tidak pernah ngusir, tidak pernah,” kata Awi di Mabes Polri pada Selasa, 3 November 2020.

Dia tak menampik memang beredar kabar Habib Rizieq akan pulang ke Indonesia dari Arab Saudi pada Rabu, 4 November 2020. 

Namun, kata Awi, Polri tidak tahu-menahu soal administrasi rencana kepulangan Habib Rizieq. Intinya, kalau memang mau pulang ke Indonesia tentu tidak ada larangan.

“Pokoknya kalau mau pulang, pulang saja. Kita tak mau menanggapi itu,” ujarnya.

Pun, sebelumnya Sekretaris Umum DPP FPI, Munarman mengatakan waktu kepulangan, hal itu tergantung Habib Rizieq. Ia menyebut yang bersangkutan akan mengumumkan waktu kepulangannya. 

“Nanti beliau akan umumkan langsung tanggal dan hari kepulangan beliau," kata Munarman, belum lama ini.

Demikian juga disampaikan Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif. Ia menyebut, Habib Rizieq yang akan menentukan waktu kepulangannya. 

"Dalam waktu dekat, insha Allah," ujar Slamet.

Kabar kepulangan Habib Rizieq mencuat setelah pengumuman FPI beberapa waktu lalu bahwa yang bersangkutan sudah tak dicekal otoritas Arab Saudi. Dengan demikian, Habib Rizieq bisa kembali ke Tanah Air.

Baca Juga: Baliho Habib Rizieq Bermunculan, FPI: Itu Inisiatif Masyarakat