Wow! Gelar Kompetisi Sobat Bumi, Pertamina Tambah Hadiah Hingga Rp 1M

pertamina
Sumber :

VIVA – Perhelatan Kompetisi Sobat Bumi kategori Teori Sains yang digagas oleh PT Pertamina (Persero) mengalami peningkatan hadiah sebesar 1 Miliar.

Pendaftaran Kompetisi Sobat Bumi kategori Teori Sains yang sudah dibuka sejak tanggal 3 Agustus 2020 inipun disambut antusias oleh peserta mahasiswa.Sampai saat ini tercatat sebanyak 12.799 mahasiswa dari 134 Universitas dan Sekolah Tinggi di Indonesia telah mendaftar.
 
Melihat antusias yang tinggi terhadap kompetisi, PT Pertamina (Persero) menambah jumlah hadiah hingga Rp 1 Miliar. Langkah ini diharapkan mampu meningkatkan semangat para mahasiswa untuk dapat berprestasi dan menjadi pemenang di Kompetisi Sobat Bumi Kategori Teori Sains.

Hal ini selaras dengan aspirasi Pertamina untuk menginspirasi masyarakat luas dalam menghasilkan SDM unggul yang dapat menjadi calon inovator energi baru terbarukan, dengan memberikan kualitas pendidikan dan pelatihan yang berkualitas.
 
Kompetisi Sobat Bumi Kategori Teori Sains dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari semua program studi/jurusan dari semua Universitas, Institut, Sekolah Tinggi ataupun Politeknik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Dimana kompetisi ini terdiri dari dua tahap seleksi, yaitu : seleksi daerah tingkat provinsi pada tanggal 11-12 November 2020 dan seleksi nasional pada tanggal 8-10 Desember 2020.
 
Seleksi provinsi merupakan babak penyisihan yang dilakukan dengan metode Computer Based Test (CBT) dan diselenggarakan secara online di tempat peserta berada, sedangkan seleksi nasional merupakan babak final yang akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi semi final dan grand final.
 
Kompetisi Sobat Bumi yang diselenggarakan oleh PT Pertamina telah berlangsung sejak bulan Juni 2020. Dimana kompetisi bertujuan untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif dalam memaksimalkan potensi energi di Indonesia ini menghadirkan dua kategori kompetisi, yaitu : Kategori Proyek Inovasi EBT (Energi Baru dan Terbarukan) dan Kategori Teori Sains.
 
Kompetisi Sobat Bumi Kategori Proyek Inovasi EBT bekerja sama dengan Pertamina Foundation melalui program PF Sains telah memasuki babak seleksi final untuk menghasilkan tiga pemenang terbaik, yang mana hasil inovasinya akan diimplementasikan secara langsung di daerah-daerah terisolir dan membutuhkan energi.

Kompetisi Kategori Proyek Inovasi EBT diperuntukkan bagi para peneliti, dosen, praktisi, penggiat energi serta pengabdi masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap energi baru terbarukan.
 
Pertamina melalui program Kompetisi Sobat Bumi mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan memberikan pendidikan serta pelatihan yang berkualitas.
 
“Program Kompetisi Sobat Bumi merupakan bentuk nyata penerapan SDGs Goal 4, yaitu Quality Education, yang bertujuan untuk peningkatan kualitas pendidikan.” ucap Dian Hapsari, Manager Corporate Social Responsibility (CSR) saat sesi peresmian pembukaan Kompetisi Sobat Bumi kategori Teori Sains yang dilakukan secara daring pada hari Rabu, tanggal 11 November 2020.
 
“Ke depannya, Pertamina akan terus mengembangkan Kompetisi Sobat Bumi agar bisa menjadi wadah bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, agar bisa terus mengeksplorasi daya pikir atau logikanya dalam menciptakan inovasi energi baru dan terbarukan, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan dunia.” lanjutnya.