Pesan Khusus Jokowi dan Kapolri untuk Anggota Korps Brimob

Personel Brimob berbaris sebelum ditempat ke wilayah penugasan beberapa waktu lalu. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Peringatan HUT ke-75 Korps Brigade Mobile (Brimob) kali ini berlangsung berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, akibat pandemi COVID-19. Prosesi kegiatan kenegaraan itu dilakukan secara virtual dan dipimpin oleh polri">Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, pada Sabtu 14 November 2020.

Berlangsung di Gedung Satya Haprabu Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, upacara virtual itu diikuti oleh seluruh pejabat utama Korps Brimob Polri.

Sebelum memasuki tempat upacara para peserta wajib melakukan rapid test dan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Pada kegiatan itu pula ditampilkan testimoni dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang popular disapa Jokowi. Ia mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada Korps Brimob Polri yang ke-75 tahun.

Jokowi mengatakan, bahwa Korps Brimob sejak awal kehadirannya memiliki andil yang besar dalam sejarah bangsa bersama-sama dengan TNI dan rakyat berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan.

“Saya mengapresiasi Korps Brimob sebagai satuan pamungkas untuk penanganan kejahatan yang bekerja handal dan berintegritas menjaga keamanan dan ketertiban serta melindungi dan mengayomi masyarakat,” katanya dikutip pada Minggu 15 November 2020

Jokowi berharap, Korps Brimob semakin professional, semakin modern, terpercaya dan selalu dicintai masyarakat. “Dirgahayu Korps Brimob terimakasih telah menjadi bhayangkara negeri.”

Sementara itu, melalui siaran virtual, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, dalam amanatnya menyampaikan kepada seluruh personel Korps Brimob untuk selalu berhati-hati dalam melaksanakan tugas.

“Jalani tugasmu dengan ikhlas, kesatuanmu akan memberikan yang terbaik,” katanya

Pada kegiatan tersebut, Kapolri juga berkesempatan melakukan video conference kepada personel Brimob yang sedang melaksanakan tugas, baik di dalam dan luar negeri seperti Satgas Nemangkawi di Papua, Satgas Tinombala di Sulawesi Tengah dan Satgas FPU MINUSCA Afrika Selatan.

Terpisah, Komandan Korps Brimob Polri Irjen Polisi Anang Revandoko menekankan kepada seluruh personel untuk tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Saya selaku Dankor Brimob Polri bersama jajaran berkomitmen untuk Satya Haprabu, yakni setia kepada pimpinan dan negara. Dan kami pastikan negara hadir dan negara tidak boleh kalah, Brimob untuk Indonesia,” tegasnya

Di akhir acara syukuran, Dankor Brimob memberikan reward berupa beasiswa kepada lima putra /putri personel Brimob yang berprestasi untuk dijamin pendidikannya hingga sarjana di Universitas Pelopor Bangsa.

Baca juga: Gus Miftah: Ustadz Maaher at-Thuwailibi Berkepribadian Ganda