Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Saat Menkes Budi Sadikin Sebut Cara Testing Corona RI Salah

Minggu, 24 Januari 2021 | 10:20 WIB
Foto :
  • Dok. Satgas PEN
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

VIVA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengkritik sistem pemeriksaan atau testing COVID-19 dan penelusuran atau tracing, yang dilakukan Indonesia selama pandemi ini. Menurutnya, ada kesalahan secara epidemiolog tentang cara melakukan testing COVID-19 di Indonesia.

Ia mengatakan testing COVID-19 yang dilakukan di Indonesia belakangan ini sekadar formalitas dan menyasar pihak-pihak yang punya kepentingan tertentu, seperti bertemu orang/pejabat negara atau hendak bepergian.

Baca Juga

"Kita enggak disiplin. Cara testingnya salah. Testingnya banyak kok naik terus. Abis yang dites orang kayak saya, setiap kali ke Presiden dites. Seminggu bisa lima kali diswab karena masuk istana, emang bener gitu?" kata Budi Sadikin dalam sebuah webinar dikutip dari kanal YouTube PRMN Suci, Minggu, 24 Januari 2021.

"Testing kan enggak gitu harusnya. Testing epidemiologi itu, aku diajarin teman-teman dokter, bukan testing mandiri, yang dites itu orang yang suspek, bukan orang yang pergi kayak Budi Sadikin ngadep Presiden. Nanti 5 kali standar WHO kepenuhi tuh 1 per 1.000 seminggu, tapi enggak ada gunanya testingnya secara epidmeiologi. Nah yang gitu-gitu yang mesti diberesin," lanjutnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler