Dikabarkan Bakal Jadi Menkeu, Budi Gunadi Jawab Pingin Jadi Menteri Penerangan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka suara tentang dia yang dikabarkan bakal menjadi menteri keuangan dalam kabinet pemerintahan baru pada periode mendatang.

Luhut Tolak Jadi Menteri Prabowo, Tapi Siap Jadi Penasihat

"Kalau ada posisi kayak zamannya Pak Harto jadi menteri penerangan yang ngurusin wartawan, aku mau jadi menteri penerangan," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di Jakarta, Rabu, 8 Mei 2024.

Saat ditanya lebih lanjut, Budi tidak mengiyakan maupun menepis isu tersebut. "Itu kan pembicaraan teman-teman wartawan, yang memutuskan kan nanti presiden yang memilih," ujarnya.

Soal Revisi UU Kementerian Negara, Airlangga: Presiden Terpilih Diberikan Kekuasaan Menyusun Kabinet

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Menjelang usianya yang ke-60, Budi mengaku justru ingin melakukan hal lain, seperti ingin mengikuti kejuaraan lomba lari maraton di Berlin, Jerman. "Kenapa? Sebagai Menkes mesti kasih contoh, kan hidup sehat," katanya.

Isu Penambahan Kementerian: Asal Presiden Terpilih Bisa Mengelola, Tidak Tumpang Tindih

Terlepas dari itu, Budi memberikan saran kepada pemerintahan terpilih untuk tidak sembarang memilih menteri kesehatan dan menteri pendidikan.

Ia menilai pendidikan dan kesehatan menjadi modal utama dalam menghadapi Indonesia Emas 2045, karena Indonesia harus meningkatkan pemasukannya dengan memaksimalkan bonus demografi yang ada agar tidak menjadi negara kelas menengah selama-lamanya, atau terjebak dalam middle income trap.

Pendidikan dan kesehatan, kata dia, menjadi dua faktor penting dalam mewujudkan hal tersebut.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Jadi, Pak Prabowo, Pak Jokowi, pilih menteri apapun terserah, tapi menteri pendidikan dan kesehatan jangan salah pilih," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya