Round Up

Yusril Mundur dari PBB, 2 Jemaah Haji Ditangkap Askar hingga Pesawat Jatuh di BSD

Prof Yusril Ihza Mahendra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Round Up – Yusril Ihza Mahendra mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang atau PBB. Untuk melanjutkan kepemimpinan partai, Fahri Bachmid ditunjuk sebagai Penjabat Ketua Umum sampai terpilihnya pemimpin selanjutnya. 

Profil Aprila Majid, Selebgram yang Ditinggal Suami Setahun Tanpa Kabar

Adapun pengunduran diri ini disampaikannya dalam sidang Musyawarah Dewan Partai (MDP) yang diselenggarakan di DPP PBB Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu 18 Mei 2024. 

Prof Yusril Ihza Mahendra

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ratusan Ribu Jemaah Haji Mulai Laksanakan Tawaf Qudum

Berita mengenai Yusril yang memutuskan mundur dari PBB ini menjadi berita terpopuler sepanjang Minggu 19 Mei 2024. Ada juga berita lainnya yang tak kalah menarik untuk anda simak, seperti berita mengenai 2 orang jemaah haji yang ditangkap oleh Askar atau petugas kepolisian Arab Saudi di Masjid Nabawi.

Kemudian ada juga berita mengenai jatuhnya satu unit pesawat latih di kawasan BSD Tangerang Selatan pada Minggu, 19 Mei 2024. Berita tersebut banyak mendapat perhatian masyarakat sehingga masuk dalam jajaran berita terpopuler kemarin.

Arab Saudi Berikan Layanan Kesehatan pada 77 Ribu Jemaah Haji, Termasuk 16 Operasi Jantung

Sejumlah berita menarik dan populer telah di kanal News VIVA telah Kami rangkum dalam Round Up, berikut daftarnya: 

1. Mundur dari Ketum PBB, Yusril Ihza Mahendra Jelaskan Alasannya

Prof Yusril Ihza Mahendra

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Yusril Ihza Mahendra mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang atau PBB. Untuk melanjutkan kepemimpinan partai, Fahri Bachmid ditunjuk sebagai Penjabat Ketua Umum sampai terpilihnya pemimpin selanjutnya. 

Adapun pengunduran diri ini disampaikannya dalam sidang Musyawarah Dewan Partai (MDP) yang diselenggarakan di DPP PBB Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, yang berlangsung sejak pagi hingga pukul 21.30 hari Sabtu 18 Mei 2024. Selengkapnya baca di sini.

2. Dua Jemaah Haji Ditangkap Polisi Usai Gelar Tahlilan di Pelataran Masjid Nabawi

Suasana di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat 5 Juli 2019

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

Dua orang jemaah haji asal Indonesia, bernama Luthfi Khanifuddin dan Janar Aprianto, ditangkap oleh Askar atau petugas keamanan dari Masjid Nabawi. Keduanya diamankan pada hari Kamis, 16 Mei 2024 selepas menunaikan Salat Asar.

Informasi yang dihimpun, 2 orang jamaah haji yang diamankan petugas tersebut, merupakaan jemaah dari kloter 4 embarkasi Surabaya. Mereka diamankan Askar karena melakukan tindakan yang dilarang dilakukan di kawasan Masjid Nabawi.  Peristiwa tersebut bermula saat 2 orang jemaah yang bernama Luthfi Khanifudin dan Janar Afrianto menunaikan Salat Ashar di Masjid Nabawi. Selengkapnya baca di sini.

3. Profil Salim Said Tokoh Pers Nasional yang Kini Meninggal Dunia

Guru Besar Universitas Pertahanan, Salim Said

Photo :
  • tvOne

Dunia pers dan perfilman Indonesia berduka. Prof. Dr. Salim Said, seorang maestro jurnalistik dan perfilman ternama, menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu, 18 Mei 2024 pukul 19.33 WIB di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh sang istri, Herawaty, melalui pesan singkat kepada para wartawan. Dalam pesan yang sama disebutkan jasad almarhum Prof. Salim Said disemayamkan malam ini di rumah duka di Jalan Redaksi Nomor 149, Kompleks Wartawan PWI, Cipinang, Jakarta Timur. Selengkapnya baca di sini.

4. Pesawat Jatuh di Tangerang Selatan, Satu Orang Tergeletak

Sebuah pesawat dengan kode ekor PK-IFP jatuh di lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, provinsi Banten, Minggu, 19 Mei 2024.

Photo :
  • Instagram

Sebuah pesawat dilaporkan jatuh lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu siang, 19 Mei 2024. Tampak di ekor pesawat itu kode PK-IFP.

Badan pesawat yang terjatuh, sebagaimana terlihat dalam video yang beredar di media sosial, hancur berkeping-keping di tepian bagian lapangan tersebut. Juga terlihat ada satu orang sudah tergeletak di dekat sisi puing-puing pesawat. Selengkapnya baca di sini.

5. Kehidupan, Karier dan Karya Profesor Salim Said

Salim Said (kiri) dan Prof. Jiri Pehe dari The New York University di Praha

Photo :
  • VIVAnews/Azis Nurwahyudi

Prof. Salim Said, seorang tokoh terkemuka di bidang pers dan perfilman nasional serta mantan Duta Besar RI untuk Republik Ceko, telah berpulang setelah menjalani perawatan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada Sabtu 18 Mei 2024, sekitar pukul 19.33 WIB.

Salim Said adalah salah satu tokoh intelektual terkemuka di Indonesia. Dikenal sebagai sejarawan, penulis, dan kritikus sosial, Salim Said telah memberikan kontribusi besar dalam bidang kajian militer dan politik Indonesia. Selengkapnya baca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya