Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Ganjar Pranowo Hadiri Acara Halal bi Halal TPN di Posko Pemenangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Mantan calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo merespons wacana duet antara Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Ia menyarankan agar mendaftar dahulu.

PPP Beri Rekomendasi Dukungan ke Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim

"Wacana kan, daftar dulu aja," ujar Ganjar Pranowo kepada wartawan di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2024.

Pertemuan Anies dan Ahok di Balaikota Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Teka-teki Calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi di Pilkada 2024

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan tak mempermasalahkan jika Anies Baswedan maju dalam kontestasi Pilkada 2024. Ia menilai, hal itu merupakan kemauan dari Anies secara pribadi.

"Ya enggak apa-apa, wong dia mau maju kok," ujar Ganjar. 

Ingin Naik Kasta, Wakil Gibran Daftar Bakal Calon Wali Kota Solo

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya masih mencermati nama-nama tokoh yang diusulkan untuk diusung sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada serentak 2024.

Hasto mengatakan hal itu menanggapi pertanyaan terkait peluang PDI Perjuangan memasangkan dua mantan gubernur DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Nama-nama akan tersaring sesuai dengan usulan dari daerah-daerah. Mohon maaf, belum bisa kami sebut karena masih melakukan proses pencermatan," kata Hasto di Posko Pemenangan, Jakarta, Senin malam, 6 Mei 2024.

Ia pun tak memungkiri Ahok dan Anies adalah tokoh yang diusulkan kepada PDI Perjuangan untuk diusung sebagai kepala daerah di Jakarta.

Menurut dia, mereka merupakan sosok yang mencerminkan karakter Indonesia. "Kita kan partai demokrasi yang berkarakter Indonesia, sehingga nama-nama itu diusulkan dari bawah," ujarnya.

Debat Ahok-Anies dan Djarot-Sandi

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Politisi asal Yogyakarta itu menjelaskan bahwa nama bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan akan disaring melalui usulan dewan pimpinan cabang (DPC) dan dewan pimpinan daerah (DPD).

Untuk itu, saat ini proses penjaringan masih dilakukan di tingkat provinsi untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya