29 DPC Disebut Dukung Menantu Soekarwo Jadi Ketua Demokrat Jatim

Menantu Soekarwo calon Ketua Demokrat Jatim, Bayu Airlangga
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Internal DPD Partai Demokrat Jawa Timur kian dinamis menjelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) VI tahun ini. Mulanya, Plt Ketua Demokrat Jatim yang juga Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak, merupakan kandidat kuat. Namun, belakangan ada kabar 29 DPC justru mendukung menantu Soekarwo, Bayu Airlangga.

Soal dukungan ke Bayu disampaikan oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bojonegoro, Syukur Priyanto. Ia mengaku telah melakukan pertemuan dengan para Ketua DPC lainnya. "Demi kemajuan dan kemenangan Partai Demokrat Jatim lima tahun ke depan, ada 29 DPC sepakat memberikan dukungan kepada Bayu Airlangga sebagai Ketua Definitif Partai Demokrat Jawa Timur 2021-2026," katanya kepada wartawan pada Jumat, 12 Februari 2021.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto, Ayub Busono Listyawan, mengamini informasi yang disampaikan Syukur. Ayub menuturkan, dari 38 DPC kabupaten/kota, hanya 35 Ketua DPC yang hadir dalam konsolidasi menjelang musda. Tiga yang lain tidak hadir karena meninggal dunia. Dari 35, kata dia, 29 DPC bulat mengusulkan Bayu Airlangga sebagai Ketua Demokrat Jatim. 

Ke-29 DPC Demokrat yang mendukung Bayu itu ialah DPC Pacitan, Lamongan, Kota Surabaya, Nganjuk, Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Sampang, Bangkalan, Pamekasan, Kabupaten Mojokerto, Situbondo, Jember, Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, dan DPC Magetan.

Lalu ada lagi dari DPC Sumenep, Jombang, Sidoarjo, Gresik, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, dan DPC Ngawi. "29 DPC ini akan segera menemui Mas Bayu untuk menyampaikan dukungan di Musda nanti," kata Ayub.

Ketua DPC Partai Demokrat Nganjuk, Fauzi Irwana, membenarkan pihaknya mendukung Bayu Airlangga. Figur Ketua yang diinginkan, kata dia, adalah kader Demokrat yang rajin berkomunikasi dan turun ke bawah. Nah, sosok Bayu menurutnya selama aktif di Demokrat memiliki karakter seperti itu. "Selama ini komunikasi kami ketua-ketua DPC dengan Mas Bayu Airlangga sangat baik dan intens," ujarnya.

Musda VI Demokrat Jatim dikabarkan akan digelar pada Februari ini. Salah satu agendanya ialah memilih ketua. Lima nama yang mencuat sebagai kandidat. Mereka ialah Ketua Plt Demokrat Jatim yang juga Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak, Wakil Ketua DPRD Jatim yang juga menantu Soekarwo, Bayu Airlangga, lalu tiga kader Demokrat senior, yakni Achmad Iskandar, Sri Subiati, dan Agus Dono W. 

Di sisi lain, Bendahara Umum DPP Demokrat yang juga mantan Ketua Plt Demokrat Jatim, Renville Antonio, menuturkan bahwa Musda VI Demokrat Jatim sangat mungkin digelar akhir tahun 2021, bukan Februari ini. Alasannya, DPP masih fokus pada kerja lainnya yang lebih urgen. Soal calon, ia justru menyatakan bahwa Bayu dan Sri Subiati bulat mendukung Emil Dardak.