Cara Jasa Raharja dan Korlantas Polri Cegah Fatalitas Kecelakaan

Ilustrasi kecelakaan mobil.
Sumber :
  • Dok. TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Sebagai salah satu wujud tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan sebagai langkah untuk menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas), PT Jasa Raharja bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) dan Instansi terkait menyelenggarakan kegiatan pelatihan penanganan korban laka lantas kepada komunitas masyarakat di sekitar jalur rawan kecelakaan lalu lintas yang berlokasi di Wilayah Bali.

Kegiatan tersebut dilakukan secara online dan dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja Haryo Pamungkas, Kasubdit Laka Dit Gakkum Korlantas Polri Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa, serta Kepala PT Jasa Raharja Cabang Bali Dwi Sasono.

Pelatihan ini diikuti 100 orang peserta dari komunitas masyarakat di sekitar jalur rawan laka di wilayah pulau Bali yang diberikan pelatihan penanganan korban laka lantas oleh Ners Kadek Adinda Permana, S.Kep, Perawat Ambulance PSC bersama dengan Untung Kustono, Komandan Regu Merak 3 BPBD Kota Denpasar. 

Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja, Haryo Pamungkas menyampaikan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

"Serta mengetahui pihak-pihak yang dapat dihubungi demi menurunkan tingkat fatalitas korban laka lantas sehingga jumlah korban yang meninggal dunia dapat menurun," katanya.

Kegiatan ini juga merupakan langkah nyata dari PT Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara yang tergabung pada Indonesia Financial Group (IFG) atau Holding Perasuransian dan Penjaminan untuk turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pencegahan kecelakaan dan tidak lupa pada pelaksanaannya tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan kali ini, masyarakat setempat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PT Jasa Raharja bersama Korlantas Polri karena kegiatan pelatihan ini meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penanganan korban kecelakaan lalu lintas, terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

Baca juga: Viral Truk Bermuatan Ikan Lele Terguling di Tangerang