Profil Wimar Witoelar, Jurnalis yang Digaet Gus Dur Jadi Jubir

Wimar Witoelar
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Juru Bicara almarhum Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), 1999-2000 Wimar Witoelar Kartaadipoetra meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta pada hari ini, Rabu, 19 Mei 2021.

Pria kelahiran Padalarang, Jawa Barat, 14 Juli 1945. Ia wafat pada umur 75 tahun. Wimar merupakan anak dari lima bersaudara Raden Achmad Witoelar Kartaadipoetra dan Nyi Raden Toti Soetimah Tanoekoesoemah.

Istri Wimar Witoelar adalah Suvatchhara Witoelar yang meninggal pada 7 April 2003. Wimar dikaruni dua anak yaitu Satya tulaka Witoelar dan Aree Widya Witoelar.

Kiprah Wimar semasa hidupnya banyak bergelut sebagai jurnalis dan seorang kolumnis yang rajin menulis di surat kabar lokal atau Indonesia maupun di surat kabar International mulai dari (Today, Business Week, News Week, Australian Financial Review).

Dia kerap kali muncul di layar televisi bahkan ia kerap menjadi komentator di tv seperti tv ABC, CNBC dan CNN.

Kiprah dia tak hanya sampai disitu, Wimar juga kerap kali dipercaya untuk menjadi pembicara di berbagai acara International dalam bidang ilmu politik dan juga ekonomi di luar negeri seperti di Sydney, London, Washington, New York dan juga Singapura.

Wimar, yang juga pemilik biro konsultan InterMatrix. Dia akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir di Jakarta dengan waktu pemakaman akan diinformasikan kemudian.