RK Salurkan Bantuan Masyarakat Jabar Rp1,5 Miliar untuk Palestina

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerahkan bantuan kemanusiaan Rp1,5 miliar untuk rakyat Palestina. Bantuan tersebut berasal dari donasi masyarakat dan berbagai organisasi maupun komunitas di Jawa Barat.

Bantuan diterima secara simbolis oleh Wakil Menteri Kesehatan Palestina Yousef Abu al Rish secara virtual dari Gaza, Senin 14 Juni 2021. 

"Masyarakat Jabar banyak menyumbang untuk rakyat Palestina yang pintu sumbangannya melalui organisasi Jabar Bergerak totalnya terkumpul Rp1,5 miliar," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Selasa 15 Juni 2021.

Selain dari donasi, bantuan tersebut bersumber dari hasil lelang lukisan pribadi beberapa waktu lalu secara lelang. "Terkumpul selama beberapa minggu termasuk di dalamnya ada hasil lelang lukisan pribadi saya," katanya.

Menurut dia, para donatur yang berjumlah 800 orang itu telah bersepakat bahwa donasi yang diberikan tidak dalam bentuk uang. Melainkan dua unit ambulans untuk penanganan darurat kesehatan di Gaza. 

Kemudian, akses air bersih berupa sumur dan pangan sesuai kebutuhan rakyat Palestina. "Bentuknya yang diserahkan tidak berupa uangnya, lalu kami serahkan secara simbolis kepada Wamenkes Palestina," jelas Emil.

Emil sempat berbincang dengan Wamenkes Palestina tentang kondisi di Gaza pasca serangan Israel. Menurut Yousef Abu al Rish, bantuan tersebut dinilai sangat berharga.

"Beliau (Wamenkes Palestina) sangat mengapresiasi dan terpentingnya adalah mereka tidak merasa sendirian," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melelang lukisan pribadi untuk didonasikan pada bantuan korban perang di Palestina. Selain lukisan Ridwan Kamil, lukisan mantan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Barat Agung Suryamal ikut dilelangkan.

"Dikelang mulai dari 50 juta. Lelang sampai sore karena mayoritas online, sekitar jam 18:00 dan umumkan," ujar Emil di sela pelelangan lukisan di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa 1 Juni 2021.

Dia menjelaskan acara lelang ini sekaligus memperingati hari lahir Pancasila ini. Menurutnya, dukungan terhadap Palestina menjadi tanggungjawab sosial.

"Sebenarnya ngedukung Palestina itu sudah lahir batin. Sesuai pesan Bung Karno, selama Palestina belum merdeka tidak akan berhenti mendukung," katanya.