Di RS PKU Muhammadiyah, Gibran Gelar Vaksinasi untuk Milenial

Gibran Rakabuming Memantau Vaksinasi Untuk Milenial di RS PKU Muhammadiyah Solo
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mulai melaksanakan kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk kalangan anak muda atau milenial, dengan usia di atas 18 tahun pada Senin, 21 Juni 2021. 

Antusiasme anak muda Solo yang ingin mengikuti vaksinasi, terlihat cukup tinggi. Lantaran mereka khawatir dengan semakin tingginya penyebaran COVID-19 yang terjadi saat ini.

Pantauan VIVA, sejumlah anak muda atau generasi milenial tampak duduk antre untuk mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 di lantai 4 RS PKU Muhammadiyah Solo, Senin, 21 Juni 2021. Selain para mahasiswa, para anak muda yang mengikuti vaksinasi itu juga berasal dari para pedagang, wiraswasta dan lainnya.

Baca juga: COVID Naik Luar Biasa, Menkes: Keterisian Rujukan di DKI 90 Persen

Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi pada hari pertama ini. Usai mendapatkan suntikan vaksin, para generasi milenial itu pun tampak sumringah. Dengan mendapatkan suntikan vaksin, generasi milenial ini berharap segera memiliki kekebalan terhadap virus Corona.

Salah satu kalangan milenial yang ikut divaksin, Firmansyah mengaku sangat senang. Karena vaksinasi COVID-19 yang sudah dinantinya tiba. Apalagi pada kegiatan vaksinasi ini merupakan hari pertama kalinya digelar di Solo.

“Ya senang karena dengan divaksin akan merasa lebih aman dari virusnya,” kata Firmansyah yang berusia 19 tahun itu.

Ia bisa mengikuti kegiatan vaksinasi itu karena didaftar oleh pihak kelurahan setempat. “Sejak kemarin-kemarin memang saya itu berharap segera mendapatkan vaksin. Eh saya malah termasuk yang didata oleh kelurahan untuk ikut vaksin,” katanya.

Sementara itu Gibran Rakabuming mengatakan, kegiatan vaksinasi untuk masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun dilaksanakan secara bertahap mulai hari ini. Tahap pertama yang mendapatkan jatah vaksinasi itu, meliputi dua kelurahan yakni Semanggi dan Danukusuman.

“Nanti bertahap lah soalnya peminatnya banyak sekali dan sudah dibuka untuk umum. Vaksinasi ini digelar per kelurahan yang ada di Solo,” katanya dia di sela-sela meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 18 tahun ke atas di RS PKU MUhammadiyah Solo.

Menurut dia, para peserta yang mengikuti vaksinasi untuk usia di atas 18 tahun berdasarkan data yang dikirim oleh pihak kelurahan. Selanjutnya, para peserta vaksinasi itu mendatangi sejumlah fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk mendapatkan suntikan vaksin. “Datanya dari pak lurah semua,” ujarnya.

Dimulainya vaksinasi untuk kalangan anak muda itu, ia menargetkan setiap kelurahan diberi jatah sebanyak 1.000 vaksin. Jumlah itu ke depannya akan ditambah untuk mempercepat kegiatan vaksinasi bagi masyarakat umum Kota Solo.

“Targetnya yang 18 tahun ke atas itu per kelurahan saya jatah 1.000 dulu. Hari ini nyelesein 400 vaksin kalau nggak salah di dua tempat. Tiap hari kita tambah terus karena ini baru hari pertama. Pokokkya kita kejar terus,” ujarnya.