Kapal Penumpang Tenggelam di Selat Bali, Jumlah Korban Belum Diketahui

Ilustrasi pencarian korban kapal tenggelam.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Kecelakaan laut terjadi di Selat Bali pada Selasa malam, 29 Juni 2021. Diduga terseret arus, KMP Yunice rute Gilimanuk Bali-Ketapang Banyuwangi tenggelam. Proses evakuasi segera dilakukan oleh tim SAR provinsi setempat dibantu tim SAR dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Video dan foto detik-detik tenggelamnya kapal nahas itu tersebar di jejaring WhatsApp sejak pukul 19.00 WIB. Data diperoleh dari Badan SAR Nasional Surabaya menyebutkan, tim SAR menerima informasi itu sekira pukul 19.00 WIB. Kapal penumpang itu berlayar dengan rute Ketapang-Gilimanuk.

Belum diterima laporan berapa jumlah penumpang yang berada di dalam KMP Yunice itu. Namun, tim SAR Jembrana dan Buleleng sudah berada di lokasi kecelakaan melakukan evakuasi sejak pukul 19.50 WIB. Begitu pula dengan tim SAR dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Juru bicara Kantor SAR Bali, Yanti, mengaku masih menunggu data dari lokasi ketika dihubungi VIVA untuk mengonfirmasi peristiwa itu melalui sambungan telepon genggam. Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya I Wayan Suyatna mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi di wilayah kerja SAR Bali.

Wayan juga mengaku belum mengetahui berapa jumlah penumpang di kapan nahas itu, juga dari mana dan mau ke mana tujuan kapal itu. Namun dia memastikan bahwa tim SAR Banyuwangi sudah di lokasi membantu proses evakuasi. “Tim dari Banyuwangi sudah di lokasi sekarang,” katanya kepada VIVA.