Waspada! BMKG Prediksi Gelombang Laut 3 Meter Terjadi di Bali

Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Bali – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengimbau kepada para nelayan dan operator kapal penyeberangan untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi hingga tiga meter di sejumlah perairan Bali.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

“Kami imbau untuk mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum melaut dan selalu memperhatikan informasi cuaca,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dikutip dari ANTARA, Senin 19 Juni 2023.

Kecepatan angin secara umum diperkirakan hingga 40 kilometer per jam atau 21,6 knot yang bertiup dari timur selatan. BMKG menyebut bahwa potensi gelombang tinggi salah satunya disebabkan gerakan angina yang konstan dari daratan Australia menuju Asia.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Kapal cepat berlayar menuju Pulau Nusa Penida dari perairan Sanur, Denpasar

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Menurutnya, kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar yakni perahu nelayan yang apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal feri apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan perairan di Bali yang berpotensi memiliki ketinggian gelombang laut 2,5 hingga 3 meter yakni di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, dan Samudera Hindia selatan Bali.

Selat Bali merupakan kawasan strategis penyeberangan Bali-Jawa yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana dengan Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi.

Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan Bali

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Sementara, Selat Lombok adalah jalur penyeberangan yang menghubungkan Pelabuhan Padangai di Karangasem, Bali menuju Pelabuhan Lembar di Lombok, NTB.

Selain itu, wilayah tersebut juga menjadi jalur kapal nelayan, hingga kapal penumpang dari Pelabuhan Benoa Denpasar menuju Indonesia Timur.

Sementara itu, di Selat Badung, selain sebagai jalur nelayan dan penyeberangan Sanur Denpasar menuju Pulau Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, juga menjadi kawasan wisata bahari di antaranya kawasan wisata Perairan Nusa Dua hingga Tanjung Benoa. Ada pun perairan Nusa Dua diperkirakan memiliki ketinggian gelombang laut hingga dua meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya