Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Gempa Bumi Berpusat di Garut Jawa Barat Berkekuatan 6,5 SR
Sumber :
  • Akun X/ BMKG

Garut – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,5 yang berlangsung sekitar 30 detik, Sabtu 27 April 2024 sekitar pukul 23.29 Wib, dirasakan oleh warga Garut Jawa Barat dari berbagai tempat.

BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas di Indonesia: Bukan Gelombang Panas

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa bumi dengan kekuatan Mag:6.5, 27-Apr-24 23:29:47 WIB, Lok:8.42 LS,107.26 BT (151 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:10 Km, namun tidak berpotensi tsunami

Salah seorang warga Kecamatan Bayongbong Garut, Ny Pepi (34), mengatakan bahwa awalnya goyangan gempa relatif kecil. Namun makin lama, makin membesar. Dirinya kaget dan langsung membangunkan anggota keluarga lainnya yang sudah tidur, untuk segera keluar rumah

Olga Pura-pura Meninggal Agar Lolos dari Maut

"Awalnya kecil tapi terus membesar, sehingga terdengar suara gemeretak bangunan rumah dan suara kaca yang bergetar," ujarnya, Sabtu 27 April 2024. 

Gempa juga dirasakan oleh warga Kecamatan Cikajang. Goncangannya cukup besar, mengakibatkan lampu kedap-kedip. Hampir seluruh warga yang masih terjaga keluar rumah, untuk menghindari kemungkinan dampak gempa. 

Gunung Ile Lewotolok Terjadi 94 Kali Gempa Embusan, Menurut Pos Pengamatan

"Besar sekali, lampu saja sampai kedap-kedip," ungkap Surya Dilaga. 

Sementara itu gempa dirasakan oleh warga sekitar Pantai Garut Selatan, tepatnya di Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet Garut. Bayu Samudra mengatakan bahwa gempa dirasakan sangat besar,  sehingga warga segera sekitar pantai tersebut segera keluar rumah. 

" Sangat terasa, besar sekali warga berhamburan keluar rumah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya