Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Tambang Emas Ilegal di Sulut Ditertibkan Tim Gabungan

Minggu, 19 September 2021 | 22:32 WIB
Foto :
  • tvOne/Haswadi
Ilustrasi tambang emas ilegal.

VIVA – Tim gabungan penegakan hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Bareskrim Mabes Polri menertibkan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) atau ilegal. Penertiban dilakukan di Sulawesi utara yaitu di lokasi PT Bulawan Daya Lestari (BDL) Kabupaten Bolaang Mongondow.

Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK Ruandha Agung Sugardiman mengungkapkan, aktivitas PETI tersebut beroperasi tanpa Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) yang berlaku.

Baca Juga

Menurutnya, inspeksi mendadak (sidak) tersebut dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat. Untuk memastikannya, tim gabungan langsung menuju ke lokasi.

"Setelah ada pengaduan dan protes dari warga, kami meminta Dirjen Gakkum KLHK untuk melakukan sidak ke lapangan guna memastikan kebenarannya," kata Ruandha, dikutip Minggu, 19 September 2021.

Dia menjelaskan, Tim Direktorat Jenderal Gakkum bekerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri melakukan sidak lapangan. Mereka pun memasang garis polisi sebagai tanda larangan melakukan kegiatan sebelum proses perizinan diselesaikan.

Baca juga: Turis Asing Bisa Masuk RI Oktober 2021, Sebelum Presidensi G20

Lebih lanjut dia menegaskan, bila ada hal yang tidak sesuai dengan regulasi, maka akan langsung ditanggapi dengan cepat. Hal ini juga berkaitan dengan komitmen global, yaitu RI berkomitmen berkontribusi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dari lima sektor utama yaitu kehutanan, energi, industri, limbah dan pertanian.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler