Turis Asing Bisa Masuk RI Oktober 2021, Sebelum Presidensi G20

Seorang turis asing memotret kapal yang bersandar di pelabuhan CT 3 BPKS Sabang
Seorang turis asing memotret kapal yang bersandar di pelabuhan CT 3 BPKS Sabang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa ketentuan pembukaan destinasi wisata Tanah Air bagi turis asing akan dilakukan mulai Oktober 2021.

Dia menekankan, ini sesuai dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Pembukaan tersebut akan dilakukan sebulan sebelum Presidensi G20.

"Sesuai arahan Kemenko Marves kemungkinan Oktober sekitar satu bulan sebelum kita mengambil Presidensi G20 di November," kata dia di acara Kabar Petang tvOne, Minggu, 19 September 2021.

Baca juga: Bakal Digusur, Rocky Gerung: Ngabalin hingga Guru Besar UGM Senang

Meski demikian, Sandiaga menyatakan, pembukaan tersebut tidak akan dilaksanakan langsung serentak di semua wilayah. Melainkan secara bertahap dimulai dari destinasi prioritas.

"Bila PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Bali dan destinasi lain terkendali ini akan kita lakukan uji coba di beberapa minggu ke depan," papar dia.

Adapun destinasi wisata asing yang pertama akan disiapkan menurutnya adalah Bali. Kemudian, diikuti oleh 18 destinasi prioritas lainnya yang dibuka sesuai dengan level PPKM diberlakukan.