FOTO: Suasana Mencekam saat Badai Pasir Melanda Bandara Madinah

Badai pasir di Bandara Madinah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Situasi menegangkan sempat terjadi saat proses pemulangan jemaah haji Indonesia Kloter SUB 32 di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi, Minggu sore 7 Agustus 2022.

Proses pemulangan rombongan 447 jemaah haji asal Jawa Timur tersebut sempat terganggu dengan badai pasir yang melanda di beberapa wilayah di Madinah. Salah satunya adalah bandara Madinah.

Badai pasir di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2022

Menurut Petugas Perlindungan Jemaah (Linjam), Hanif Farizi, badai pasir terjadi saat jemaah haji Kloter SUB 32 baru tiba di Bandara. Di tengah proses petugas mengarahkan para jemaah ke paviliun 5 Terminal Haji.

"Badai terjadi sekitar 15 menit pada saat sebagian jemaah turun dari bus menuju paviliun," kata Hanif kepada Tim MCH (Media Center Haji). 

Badai pasir di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2022

Hanif mengakui, situasinya saat itu cukup mencekam. Sebab jarak pandang hanya sekitar 2 meter. Badai juga datang tiba-tiba ketika sejumlah jemaah turun dari bus hendak menuju paviliun 5 di Terminal Haji.

Petugas sempat menahan jemaah yang belum turun dari bus untuk tetap di kursi dengan alasan keselamatan. Menunggu badai berlalu dan kondisi Hingga aman.

Badai pasir di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2022

"Alhamdulillah setelah badai berlalu, jemaah dapat diturunkan semua menuju Paviliun 5 dengan keadaan aman dan selamat," papar Hanif.

Seluruh jemaah haji Indonesia SUB 32 tersebut selanjutnya diterbangkan ke Tanah Air dengan menggunakan maskapai Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV 5226.

Badai Pasir Warnai Kepulangan Jemaah Haji di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2022

Sementara itu, Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan PPIH, Edayanti Dasril mengungkapkan, badai pasir sempat mengganggu proses pemulangan tiga kloter jemaah haji Indonesia pada Minggu sore.

Meski demikian, tidak ada kendala berarti imbas dari badai pasir ini. Seluruh jemaah yang tiba di bandara dalam keadaan sehat. Di sisi lain, tidak ada informasi perubahan penerbangan dari pihak maskapai.