Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Ilustrasi ibadah haji.
Sumber :
  • MCH 2023

Riyadh Jemaah haji yang berangkat ke Arab Saudi pada Juni mendatang akan mendapatkan peningkatan kesehatan melalui upaya pengendalian penyakit yang didukung oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Jemaah akan diketahui akan mendapat vaksin polio.

Keistimewaan Makam Baqi dan Ma'la, Tak Pernah Penuh Walau Jenazah Ditimbun Berulang

Gates Foundation pada Minggu, 28 April 2024, mengatakan pihaknya akan membuka kantor regional di Riyadh untuk mengoordinasikan kemitraan baru dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi guna meningkatkan pengawasan penyakit dan sanitasi.

Mereka juga membantu pembuatan vaksin berbiaya lebih rendah guna meningkatkan kesehatan dan keselamatan jutaan orang.

Wow! Arab Saudi Bakal Beli Wilayah Ras Ghamila Milik Mesir Rp 564,6 Triliun

Bill Gates dan Melinda Gates

Photo :
  • Thehindu

Berbagai wabah polio telah dikaitkan dengan ibadah haji ke kota suci Mekah dan Madinah. Penyakit yang melumpuhkan ini, yang menyebabkan kelumpuhan dan mengancam jiwa selama ribuan tahun, nyaris diberantas pada tahun 2022, sebelum wabah baru muncul di Afrika dan seorang pria mengalami kelumpuhan di New York pada tahun itu.

Hamil 2 Bulan, Calon Jemaah Haji di Makassar Batal Berangkat ke Mekah

Penurunan kasus pada tahun ini telah meningkatkan optimisme untuk menyelesaikan Inisiatif Pemberantasan Polio Global pada tahun 2026.

"Arab Saudi sendiri menjanjikan $500 juta atau Rp 8,1 triliun selama lima tahun ke depan untuk misi inisiatif tersebut yang telah berusia 36 tahun," kata Gates Foundation dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Alarabiya, Senin, 29 April 2024.

Pendanaan ini menjadikan komitmen finansial terhadap inisiatif yang diumumkan pada pertemuan khusus Forum Ekonomi Dunia di Riyadh menjadi lebih dari US$ 620 juta atau Rp 10 triliun.

Ilustrasi vaksin

Photo :
  • VIVA/ David Rorimpandey

Arab Saudi juga akan menyumbangkan US$100 juta kepada Lives and Livelihoods Fund, inisiatif pembangunan multilateral terbesar di Timur Tengah, yang mendukung layanan kesehatan primer dan upaya untuk menghilangkan penyakit menular yang dapat dicegah.

"Polio adalah penyakit mengerikan yang patut dicatat dalam buku sejarah untuk selamanya,” kata Bill Gates, yang ikut mengetuai yayasan tersebut bersama mantan istrinya Melinda French Gates.

“Saya bangga melihat Kerajaan Arab Saudi, bersama dengan mitranya di Timur Tengah, mengambil tindakan untuk membantu memberikan lebih banyak vaksin polio, imunisasi campak, dan layanan kesehatan penting lainnya kepada jutaan anak setiap tahunnya,” tutuapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya