Polri Bantah Ahmad Saefudin 'Pemilik Awal' Jeep Rubicon Rafael Bekerja di Inafis

Rumah kontrakan Saefudin yang disebut punya Jeep Rubicon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

VIVA Nasional – Polri angkat bicara mengenai isu terkait sosok Ahmad Saefudin, pemilik awal mobil Jeep Rubicon Rafael Alun Trisambodo, mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II.

Disebutkan, Ahmad Saefudin sebelumnya sempat bekerja di Inafis Polri. Hal tersebut diungkap Ketua RT Gang Jati, Kamso Badruddin saat VIVA tengah menelusuri rumah pemilik awal Jeep Rubicon itu. 

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan nama Ahmad Saefudin tidak tercatat sebagai anggota yang pernah bekerja di Inafis Polri baik sebagai PNS maupun PHL (pekerja harian lepas).

"Saat ini tidak ada nama Ahmad Saefudin baik (sebagai) PNS maupun PHL. Sudah dicek, di Inafis. Saya sudah cek bahwa tidak ada (nama Ahmad Saefudin yang pernah bekerja di Inafis Polri)," kata Ramadhan kepada wartawan di RS Polri, Sabtu, 4 Maret 2023.

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Sebelumnya diberitakan, pemilik Jeep Rubicon Rafael Alun beralamatkan di Gang Jati, RT 1/RW 1, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Adapun rumah pemilik Jeep Rubicon bernama Ahmad Saefudin terbilang sempit dan tampak tidak muat untuk kendaraan seperti mobil atau roda empat.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, dalam gang tersebut tampak dipenuhi parkir motor di setiap bahu jalannya. Bahkan, jika kendaraan motor sudah masuk dengan berlawanan arah pasti gang tersebut langsung tersendat.

Salah satu dari kendaraan motor pun terpaksa harus mengalah jika tidak ingin tersendat. Gang tersebut diketahui hanya memiliki luas kurang lebih 2 meter.

Namun, ketika VIVA masuk ke dalam Gang Jati 1, ternyata rumah Saefudin tidak berada di sejajar jalan Gang Jati. Lantaran ada di sebuah jalan yang menyerupai lorong sempit.

Bangunan rumah Saefudin tampak berwarna ungu dengan dilengkapi pintu rumah berwarna putih. Rumahnya tepat ada di pojok jalan yang menyerupai lorong tersebut.

Suasana di sekitar rumah kontrakan itu terasa begitu lembab. Halamannya juga sangat sempit, hanya muat untuk parkir satu sepeda motor. Kemudian VIVA pun coba mencari tahu diman lokasi yang luas dan mumpuni untuk memarkirkan sebuah mobil mewah.

Namun, tak ada lahan yang luas untuk parkir sebuah mobil bahkan mobil mewah seperti Jeep Rubicon.

Sementara itu, Ketua RT Gang Jati, Kamso Badruddin mengatakan bahwa Ahmad Saefudin bekerja sebagai pegawai honorer di Inafis Polri. Kamso menyebut hal tersebut lantaran informasi itu langsung diucap Saefudin sebelum pindah rumah.

"Pekerjaan terakhir dia bekerja di inafis di Mabes Polri. Itu yang saya dapat info dari AS. Sebagai honorer bukan yang sifatnya penting banget," kata Kamso saat ditemui di lokasi, Jumat 3 Maret 2023.

Kamso mengatakan bahwa sebelum bekerja di Inafis Polri, Saefudin sempat bekerja sebagai cleaning service dan juga berjualan kopi.

"Kalau dulu sebelum apa namanya kerjanya sekarang dia OB, penjual kopi," bebernya.

Namun demikian, Kamso mengatakan bahwa saat ini Saefudin pun telah berpindah tempat tinggal yang semulanya adalah warga Gang Jati RT 01 RW 01, Mampang Prapatan.

"Betul data masih tercatat warga saya. KTP dan KK nya masih saya pegang. Karena waktu tinggal di saya dia masih bujangan," kata dia.