Sah! Ini Tema Debat Capres-Cawapres 2024

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari usai rapat teknis pendaftaran capres-cawapres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan tema debat untuk calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Penentuan tema debat ini dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar KPU bersama dengan perwakilan tim kampanye pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Rabu, 6 Desember 2023.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan selain tema, ada beberapa hal lain yang dibahas dalam pertemuan dengan perwakilan paslon.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari

Photo :
  • VIVA/Ilham Rahmat

"Pertama adalah soal format debat capres-cawapres, kedua tema untuk masing-masing debat pertama sampai kelima. Kemudian, yang ketiga soal panelis," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Rabu, 6 Desember 2023.

"Keempat soal moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres. Kelima, soal undangan yang akan hadir pada debat capres-cawapres," ujarnya melanjutkan.

Berikut merupakan tema debat capres-cawapres:

Debat pertama: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan korupsi, Penguatan demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Debat kedua: Ekonomi (Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan Perkotaan.

Debat ketiga: Pertahanan , Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Debat keempat: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat kelima: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi.