Gempa Sumut Rusak Sejumlah Rumah

Sebuah ruko di Padang ambruk setelah dilanda gempa
Sumber :
  • VIVAnews/ Luly

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter yang berpusat di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Sabtu, 24 Juli 2010 dilaporkan mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah. Belum ada informasi pasti berapa rumah yang rusak akibat gempa tersebut.

S Nasution, warga Penyabungan, ibukota Madina mendapat informasi bahwa di Desa Tangga Bosi, Kecamatan Madina terdapat kerusakan rumah akibat gempa. "Tapi belum ada data pasti berapa jumlah rumah yang rusak," ujar Nasution, Sabtu, 24 Juli 2010.

Gempa juga menyebabkan warga panik dan berhamburan ke luar rumah. Gempa ini terjadi beberapa kali sejak Sabtu dini hari. Gempa terbesar dirasakan sekitar pukul 09.11 WIB.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) menyebutkan, pusat gempa di 1.02 lintang utara, 99.50 bujur timur, 18 km Barat Laut Panyabungan-Sumut, 45 km Tenggara Padangsidempuan-Sumut, 113 km Tenggara Sibolga-Sumut, 123 km Barat Laut Lubuk Sikaping-Sumbar,  1140 km BaratLaut Jakarta-Indonesa. BMKG memastikan, gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Laporan: PRB | Medan