Temui SBY, Kongres AS Tanyakan Soal Ahmadiyah

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews - Delegasi Kongres Amerika Serikat menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden. Saat bertemu SBY, delegasi yang dipimpin anggota Kongres asal California, David Dreier, sempat menyinggung soal kekerasan terhadap Ahmadiyah.

"Kami membicarakan tentang toleransi beragama, terutama terkait Ahmadiyah. Kami berdiskusi secara sehat terkait itu," kata Dreier usai bertemu SBY di Kantor Presiden, Rabu 23 Februari 2011. Selain Dreier, anggota Kongres AS yang tergabung dalam delegasi adalah anggota Kongres asal Carolina Utara, David Price.

Dreier mengatakan, penegakan hukum seharusnya menjadi hal penting dalam isu kekerasan terhadap Ahmadiyah. "Dengan masih adanya ekstrimisme, ini tentu menjadi tantangan yang terus menerus ada," ujar Dreier.

Sementara itu, Juru Bicara Kepresidenan bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan Presiden dengan anggota Kongres AS mencari solusi atas keberadaan Ahmadiyah. Indonesia kemudian menjelaskan mengenai Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri terkait Ahmadiyah.

"Ada semacam kesempatan untuk melakukan aktivitas bagi pemeluk Ahmadiyah. Dalam kondisi-kondisi tertentu yang disepakati antar komunitas umat beragama," ucap Faizasyah.

Faiza kemudian menjelaskan anggota Kongres AS ini juga mengakui kelompok Ahmadiyah juga memiliki banyak friksi. Ini juga terjadi di negara lain seperti Pakistan dan India, yang juga menimbulkan ketidakharmonisan.

"Mereka memberikan apresiasi atas langkah-langkah yang dilakukan pemimpin Indonesia. Presiden menegaskan tindakan kekerasan akan melalui suatu proses hukum yang sangat tegas," kata Faizasyah. (umi)