Kilang Kembali Terbakar, Menteri Panik

Kebakaran kilang minyak Cilacap
Sumber :
  • ANTARA/Idhad Zakaria

VIVAnews - Setelah dinyatakan padam, kebakaran kembali melanda kilang Pertamina RU IV Cilacap siang ini, Selasa 5 April 2011. Kontributor tvOne di Cilacap, Robbi Sofyan Amir menceritakan, kebakaran besar di tangki 31 T-7 terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. "Awalnya pukul 10.30 api dinyatakan padam, awak media dikoordinasi jumpa pers dengan menteri dan Dirut di Kantor Pertamina RU IV," kata dia, Selasa siang.

Namun, tiba-tiba, api membubung tinggi sekitar 50-100 meter. "Lebih besar dari kebakaran pertama. Semua lari, mobil di dalam kilang dievakuasi. Dirut Pertamina, Karen Agustiawan dan Menteri ESDM, Darwin Saleh berlari dari dalam," tambah dia. Saat dimintai tanggapan, Karen tak berkomentar.

Pasca kebakaran ini, semua unit pemadam kebakaran pun bergerak ke dalam kilang. "Semua mobil di dekat kawasan kilang dievakuasi, yang ada di dalam hanya unit pemadam kebakaran," kata dia.

Keluarnya api dari kilang minyak kembali mengagetkan warga. "Apinya besar, sama seperti yang pertama. Juga terlihat asap hitam mengepul dari lokasi kilang," kata salah satu warga, Sri Harkiki.

Namun, berbeda dengan kebakaran pertama yang mengeluarkan suara ledakan, "kali ini tak terdengar ada ledakan," tambah dia.

Laporan Robbi Sofyan Amir (tvOne)| Cilacap