P, Terduga Teroris Pernah Buat Acara di TV

Buku Berisi Bom di Utan Kayu
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Mabes Polri memastikan P sebagai pimpinan jaringan teroris bom buku dan bom Serpong. Polisi sedang mencari keterkaitan P dengan jaringan lama teroris.

"P itu merupakan unsur pimpinan dari yang saat ini ditangkap," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu 23 April 2011. "Dia sebagai pemimpin grup ini merancang dan memimpin."

Menurut Boy, P memiliki kemampuan untuk merancang dan merakit bom. "Berdasarkan pengakuannya, dia belajar sendiri merakit bom baik itu bom buku maupun di Serpong," kata Boy. "Sebelumnya dia sendiri tidak menyangka bom buku itu bisa meledak di Utan Kayu."

Menurut Boy, P kenal dengan banyak kalangan media. "Sepengetahuan saya, aktivis seperti ini, pernah (bekerja di media), tapi dulu kala pernah bekerja membuat acara di televisi beberapa tahun lalu," kata Boy.

Boy menambahkan, P dan jaringannya merupakan jaringan baru. Mereka menggunakan cara-cara kelompok lama dalam melakukan teror. Namun demikian, polisi terus menelusuri keterkaitan jaringan P dengan kelompok teroris lama. "Apakah ada hubungan secara pribadi mereka dengan kelompok-kelompok yang lama, penyidik membutuhkan waktu untuk mengungkap lebih jauh," kata Boy.

"Tapi pola-polanya sebagaimana yang sudah berjalan selama ini punya kemiripan dari misi dan perjuangan yang mereka lakukan."